Para Penakluk Embun Es Dieng di Tanah Suci

Reporter : Maulana Kautsar
29 Juli 2018 08:32
"Dinginnya empuk!"

Dream - Lelaki bersarung itu meringkuk. Di hadapannya embun es menutupi rerumputan. Berada di 2.230 meter di atas permukaan laut, lokasi tinggal lelaki itu. Dusun Sembungan, Dieng namanya. Konon, tertinggi di Pulau Jawa.

" Itu teman saya membagi foto," kenang Ahmad Fathoni, 41 tahun, jemaah asal kloter SOC 32.

Jemaah haji asal Dusun Sembungan, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah itu tahu betul dinginnya suhu Dieng. Sebagai seorang petani kentang, berhadapan dengan dinginnya alam Dieng adalah makanan sehari-hari.

" Dinginnya terasa hingga ke tulang," kata Fathoni, saat ditemui Tim MCH di Hotel Diyar Al Madinah, Arab Saudi, Sabtu, 28 Juli 2018.

Di musim haji ini, Fathoni datang bersama 13 rekan satu dusun. Berangkat dari tempat paling dingin di Jawa, kini mereka datang ke kota nas panas, Tanah Suci Madinah.

Kaget, pastinya. Terik dan suhu panas di Tanah Suci menghantam telak tubuhnya. " Enggak kebayang panasnya," kata dia.

Saban hari botol penyemprot wajah tak pernah lepas. Tergantung di dada. Disemprotkan ke wajah berharap tetap terjaga kelembapan.

Beberapa hari tinggal di Saudi, tanda perubahan di tubuh mulai terasa. Cuaca ekstrim telah membuat hidungnya meler. " Pilek," katanya.

Berbeda dengan Fathoni, kakak iparnya Ahmad Tohir, 44 tahun, mengaku tak terganggu dengan kondisi suhu panas di Tanah Suci. Dia juga tak minum jamu-jamuan yang harus di konsumsi.

" Fisik harus disiapkan mas," ujar Tohir. " Ini juga nyiapin baju yang tipis-tipis."

Berbicara mengenai dingin, Tohir menyebut adanya perbedaan antara suhu dingin ruangan dengan linkungannya.

Dengan nada berkelakar, Tohir menyebut suhu AC lebih dingin. Kategorisasi yang dia buat unik. " Dinginnya empuk," ujar dia.

Bagi Fathoni dan Tohir haji adalah laba penjualan kentang. Sudah menjadi tradisi di dusunnya, mendaftar haji begitu uang laba panen kentang didapat.

Sebanyak 14 orang dari Dusun Sembungan, tujuh laki-laki dan tujuh perempuan kini harus beradaptasi. Suhu yang mencapai kisaran 50 derajat Celcius akan dihadapi saat puncak haji di Mekah.

Doa selalu terpanjat bagi para penakluk embun es. Semoga berhaji hingga mabrur!

(Sah)

 

Beri Komentar