Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menunggang Astuti di Tanah Suci

Menunggang Astuti di Tanah Suci

Dream – Astrea Tujuh Tiga atau Astuti mendapat tempat spesial di hati panitia haji Indonesia. Motor yang sebetulnya berseri Honda Supercub 90 itu menjadi moda transportasi untuk mengantar jemaah yang tersesat di perkemahan Mina.

Sejak hari pertama kedatangan jemaah haji Indonesia di Mina, lima motor milik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi itu hilir mudik mengantar mereka yang tak tahu arah pulang.

“Hari pertama sekitar dua puluhan lebih untuk mengantar jemaah,’ kata pengemudi Astuti, Rofiq, di Mina, Rabu 23 Agustus 2018.

Sebagai pengemudi, Rofiq tahu motor tua itu tak mampu dibawa laju. Kecepatan maksimalnya hanya sekitar 40 kilometer perjam.

Meski tak unggul secara kecepatan, motor ini mampu berjalan menembus panasnya terik di Mina. Selain itu, motor Astuti juga punya keunggulan irit bahan bakar.

“Untuk sehari berkeliling paling menghabiskan empat liter,” ujar dia. Bensin itu dipasok dari Kantor Daker Mekah ke Mina.

 

Kurang Perawatan

astuti

Salah satu kekurangan motor ini tentu saja perawatan. Dream menyaksikan salah satu Astuti mogok lantaran kelistrikan yang tak prima.

Astuti di Mina pernah mencapai 11 unit saat 2013. Kini jumlah itu tinggal lima. Meski menyusut, sepeda motor ini menjadi bukti mimpi desainer awal Honda, Jozaburo Minura.

“Kami (pada tahun 1956) harus membuat sepeda yang kokoh tapi bisa dengan mudah dikendalikan bahkan di jalanan rusak,” ujar Minura.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ingat Emak-Emak Nangis Kejer Gegara Minta Surat Motor Baru Atas Namanya Ditolak Suami? Kini Bisa Tersenyum Lebar, Sampai Mandi Kembang

Ingat Emak-Emak Nangis Kejer Gegara Minta Surat Motor Baru Atas Namanya Ditolak Suami? Kini Bisa Tersenyum Lebar, Sampai Mandi Kembang

Alhamdulillah, emak-emak tersebut kini bisa tersenyum lega. Perjuangan uring-uringan di pinggir jalan tidak berakhir sia-sia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! 3 Tutotrial Hijab Simple Dan Mudah

DRESS IT! 3 Tutotrial Hijab Simple Dan Mudah

Sahabat Dream lagi nggak mau ribet? Nih tips and trick 3 cara tampil dengan hijab simple dan mudah. Yuk coba

Baca Selengkapnya