Tip Usir Kelelahan Selama di Pesawat Buat Jemaah Haji

Reporter : Eko Huda S
16 Juli 2018 17:24
Penerbangan menuju Arab Saudi cukup lama, antara 9 sampai 10 jam.

Dream - Jemaah haji Indonesia bakal menempuh perjalanan udara menuju Arab Saudi. Tidak sebentar, perjalanan di langit itu butuh waktu sembilan hingga sepuluh jam. Waktu tempuh yang lama ini pasti berpengaruh terhadap kondisi fisik jemaah.

Namun jemaah diharap tenang, ada cara jitu yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa capai dan jenih selama berada di dalam pesawat yaitu dengan senam ringan di dalam pesawat..

" Senam dipimpin oleh TKHI Kloter, bisa juga perorangan. Petugas juga harua jaga kesehatan ya," ucap Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, Eka Jusuf Singka, dalam keterangan tertulis, Sabtu 15 Juli 2018.

Berikut teknik peregangan yang dapat diaplikasikan jemaah haji.

Sebelum memulai senam, posisikan badan dengan duduk bersandar, usahakan punggung tegak. Tahan sampai hitungan ke delapan atau sekitar 10 detik.

Setelah posisi sempurna, lanjutkan ke gerakan berikutnya masing masing 8 hitungan.

Gerakan kepala

  • Tundukkan kepala ke bawah sambil di tekan dengan kedua tangan.
  • Tolehkah kepala ke kanan, sentuhlah tangan kiri di pipi kiri, lalu tekan dorong ke samping kanan.
  • Lakukan gerakan kebalikan.
  • Rebahkan kepala ke arah kanan, sentuhlah tangan kanan di kepala bagian kiri, lalu tekan ke arah kanan.
  • Lakukan gerakan kebalikan.

Gerakan Tangan

  • Luruskan tangan kanan ke arah samping kiri, kemudian tangan kiri menyentuh siku tangan kanan lalu tekan ke arah dalam.
  • Lakukan gerakan kebalikan.
  • Angkat tangan kanan, silangkan di belakang kepala, lalu tangan kiri menyentuh siku tangan kanan, kemudian tarik ke arah kiri.
  • Lakukan gerakan kebalikan

Gerakan Bahu

  • Kaitkan kedua tangan lalu dorong ke arah depan.
  • Lanjutkan gerakan ke atas.
  • Lanjutkan gerakan ke samping kanan.
  • Lanjutkan gerakan ke samping kiri.

Gerakan Pinggang

  • Putar badan ke arah samping kanan dan kedua tangan memegang sandaran tangan.
  • Lakukan gerakan kebalikan.

Gerakan Kaki

  • Lakukan gerakan mengangkat tumit/ jinjit kemudian turunkan.

Semua gerakan ini sederhana dan dapat dilakukan secara mandiri. Yang tak kalah penting, lakukan senam sambil tersenyum. Selamat mencoba.

Beri Komentar