Suhu Mekah 53 Derajat, Jemaah Haji Harus Lakukan Ini Saat di Armina

Reporter : Eko Huda S
4 Agustus 2018 06:20
Jemaah calon haji Indonesia diimbau mempersiapkan kesehatan dan benar-benar meniatkan diri untuk ibadah di Armina.

Dream - Suhu di Mekah diperkirakan akan mencapai 53 derajat Celcius saat puncak ibadah haji tahun ini. Jemaah calon haji Indonesia diimbau mempersiapkan kesehatan dan benar-benar meniatkan diri untuk ibadah di Armina.

“ Mensugesti diri sendiri bahwa kita dapat melaksanakan ibadah haji akan dapat memberikan semangat untuk menjaga kesehatan,” kata Miftakhul Huda, dokter psikiatri pada Klinik Kesehatan Haji Indonesia, dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Jumat 3 Agustus 2018.

Selain mental, kesiapan fisik juga perlu disiapkan. Jemaah haji harus cukup istirahat, banyak minum air putih, dan membawa obat-obatan. “ Bila ada keluhan dapat memeriksakan ke dokter kloter atau bila agak berat dapat dikonsultasikan di KKHI. Gunakan APD. Banyak makan buah-buahan dan banyak minum supaya tetap sehat,” tambah dia.

Perbedaan lingkungan, seperti suhu, bisa memicu kasus psikiatri. Banyak jemaah haji harus beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi sosial yang baru. Selain itu dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit dapat menyebabkan jemaah haji mengalami perubahan tingkah laku.

Jika sudah mengalami gangguan psikiatri yang berat, maka dapat dipastikan jemaah haji tidak bisa menjalankan ibadahnya dengan baik.

Huda menyatakan bahwa pasien psikiatri sebagian besar berumur di atas 60 tahun. Para Lansia lebih sulit beradaptasi dengan lingkungan baru.

Menurut Huda, jemaah berisiko tinggi dengan masalah psikiatri sebetulnya dapat dikenali sejak di Tanah Air. Misalnya mudah lupa atau sering lupa saat menaruh barang. Dehidrasi adalah salah satu faktor yang memperberat kondisi pasien.

“ Dia sudah tua, iklim di sini beda. Di Indonesia tropis di sini panas, kelelahan, kurang cairan,” tutur dia. 

Beri Komentar