Suhu Tanah Suci Capai 48 Derajat, Jemaah Haji Diimbau Tak Forsir Ibadah

Reporter : Ahmad Baiquni
31 Juli 2019 15:02
Puncak musim haji tahun ini terjadi di tengah cuaca panas yang melanda Saudi.

Dream - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengimbau jemaah haji Indonesia untuk memperhatikan kondisi tubuh karena proses ibadah yang menguras banyak energi.

" Haji merupakan ibadah yang sangat memerlukan stamina prima, kesehatan baik, maka setiap kita harus mampu menjaga kesehatannya masing-masing," ujar Lukman saat menyapa jemaah haji Indonesia di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi, dikutip dari Liputan6.com.

Lukman mengingatkan jemaah untuk tidak terlalu memaksakan diri. Dia juga meminta para jemaah mengimbangi aktivitas ibadah dengan istirahat yang cukup.

" Ukur kemampuan diri, jangan forsir beribadah tanpa diimbangi istirahat cukup dan asupan makanan sehat yang cukup," kata dia.

Musim haji tahun ini bakal berlangsung di tengah cuaca panas. Suhu di Mekah saat ini mencapai 42-48 derajat Celsius dan bisa menyebabkan dehidrasi. " Jadi, istirahat cukup, makan cukup," kata dia.

Sebagian besar jemaah haji saat ini sudah berada di Mekah. Kurang dari sepuluh hari lagi, jemaah akan menyambut puncak haji dengan melaksanakan ibadah di Arafah, Mina, dan Muzdalifah.

Sumber: Liputan6.com/Nurmayanti

Beri Komentar