Cuaca Panas di Tanah Suci, Lakukan Ini Agar Tak Mimisan

Reporter : Maulana Kautsar
8 Agustus 2018 11:35
Konsumsi buah, dan sayur yang cukup, dan sering membasahi bibir dengan air minum.

Dream - Cuaca panas di Arab Saudi kerap menjadi kendala bagi masalah kesehatan jemaah haji. Kepala Bidang Kesehatan Haji Arab Saudi, Melzan Dharmayuli, mengatakan, masalah yang biasa dialami jemaah akibat cuaca panas ialah bibir pecah-pecah dan mimisan.

" Tenggorokan kering dan batuk, kulit kering dan gatal serta kaki melepuh," kata Melzan, dalam keterangan tertulis yang diperoleh, Selasa 7 Agustus 2018.

Jemaah haji dapat mencegah masalah masalah tersebut dengan trik-trik berikut. Untuk mencegah bibir pecah-pecah, jemaah dianjurkan gunakan pelembap bibir sesering mungkin. Taruh pelembap di kantong dan bawa ke mana pun. Oleskan setiap bibir terasa kering, atau sehabis makan dan minum.

Konsumsi buah, dan sayur yang cukup, dan sering membasahi bibir dengan air minum. Selalu bawa botol minum kosong yang bisa diisi air zam-zam. Lebih efisien.

" Untuk mencegah mimisan, jemaah sangat dianjurkan sering-sering membasahi masker dan menyemprotkan air dengan semprotan yang telah diberikan ke area wajah," kata Melzan.

Bila ingin terhindar dari tenggorokan kering dan batuk, perbanyak minum air putih. Hindari minuman dingin, sebaiknya pilih minuman dengan suhu biasa. Minuman dingin cenderung membuat rasa haus semakin menjadi.

Sementara untuk mencegah kulit kering dan gatal, jemaah dapat menyemprotkan air di daerah yang terkena panas sesering mungkin dan gunakan pelembab kulit.

Adapun untuk mencegah kaki melepuh, pastikan selalu memakai alas kaki. Melzan juga menyarankan jemaah haji membawa kantong untuk menyimpan alas kaki itu.

" Bawa sendiri dan tidak ditinggalkan di luar masjid atau dititipkan ke teman," ujarnya.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

Beri Komentar