Penting! Jangan Lupa Bawa Bawa Alat Pelindung Diri Saat Wukuf

Reporter : Maulana Kautsar
9 Agustus 2018 11:29
Jemaah haji disarankan untuk banyak minum dan makan tepat waktu supaya tetap fit dalam menjalankan ibadah.

Dream – Jemaah kini tengah bersiap menghadapi puncak haji di Arafah. Mereka disarankan untuk banyak minum dan makan tepat waktu supaya tetap fit dalam menjalankan ibadah.

“ Kalau beraktivitas pakai alat pelindung diri (APD),” kata Direktur Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah, Nirwan Satria, Rabu 8 Agustus 2018.

Menurut Nirwan, Tim KKHI Mekah telah menyiapkan 200 tempat tidur dan dokter spesialis. Kementerian Kesehatan juga telah menyewa tenda khusus berpendingin ruangan berukuran 15x20 meter untuk klinik saat wukuf di Arafah nanti.

Selain itu, KKHI juga menyiapkan peralatan kesehatan dan obat-obatan. " Namun yang utama adalah jemaah harus mampu menjaga kesehatannya masing-masing. Gunakan APD dan ikuti anjuran kesehatan yang sudah disampaikan oleh Tim Promotif Preventif dan dokter Kloter," ucap dia.

Saat ini, di KKHI Madinah masih ada tujuh pasien yang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Seluruh pasien merupakan pasien yang kembali dari perawatan di RS Arab Saudi.

" Hari ini empat orang rencananya akan dievakuasi ke Mekah, sehingga yang masih dirawat di KKHI Madinah ada 3 orang," kata Direktur KKHI Madinah, M. Yanuar.

Dia menambahkan, di RSAS Madinah saat ini masih ada 18 orang yang dirawat, dimana enam orang diantaranya masih dirawat di ruang ICU dengan ventilator. Sementara itu, dua atau tiga orang jemaah direncanakan kembali ke KKHI hari ini.

Sementara itu, di KKHI Mekah sampai dengan 7 Agustus 2018 telah merawat 219 pasien. Adapun jemaah yang masih dirawat inap di KKHI Mekah sebanyak 97 orang dan dirawat di RSAS di Mekah 64 jemaah.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci 

Beri Komentar