Jemaah Haji Indonesia Dilarang Minum Susu Unta

Reporter : Maulana Kautsar
1 Agustus 2018 13:25
Jemaah haji asal Indonesia diimbau tidak dekat-dekat, atau bahkan menyentuh, unta saat berada di Tanah Suci.

Dream – Jemaah haji asal Indonesia diimbau tidak dekat-dekat, atau bahkan menyentuh, unta saat berada di Tanah Suci. Imbauan itu dikeluarkan untuk alasan kesehatan, sebab unta selama ini menjadi penyebar virus MERS-CoV.

“ Imbauan dari pemerintah agar beribadah jangan dekat-dekat dengan unta, jangan minum susu unta menyangkut kebersihannya,” ujar Konsul Jenderal RI Jeddah, M Hery Saripuddin, beberapa hari lalu.

Menurut Hery, jemaah harus menahan diri untuk tak menyentuh unta. Apalagi, memegang unta bukanlah rukun dalam beribadah haji.

“ Kalau nggak penting-penting amat ngapain sih. Tidak mengganggu kemabruran seseorang jika tak menyentuh unta,” tegas Hery.

Imbauan menjauhi unta telah disosialisasikan kepada jemaah calon haji. Jemaah juga dilarang berswafoto dengan hewan gurun ini.

“ TKHI harus memantau jangan ada yang selfie dengan unta, karena kita masih cukup harus waspada,” kata Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes, Kuwat Hudoyo.

“ Saya harap datang 392 dan pulang 392 juga, sehat. Dan Insya Allah ibadah hajinya mabrur,” tambah dia.

Sementara itu, Badan Layanan Haji (Mutawif) untuk Asia Tenggara telah mengeluarkan larangan keberadaan unta dan larangan menjual susu unta di Mekah, Masyair, dan sekitarnya, selama musim haji.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci 

Beri Komentar