Warga Madinah Antusias Sambut Jemaah Haji Indonesia

Reporter : Eko Huda S
17 Juli 2018 08:10
Warga kota suci itu sangat antusias karena punya ikatan historis yang kuat dengan jemaah haji asal Indonesia.

Dream – Masyarakat Kota Madinah telah menunggu kedatangan jemaah haji asal Indonesia. Warga kota suci itu sangat antusias karena punya ikatan historis yang kuat dengan jemaah haji asal Indonesia.

“ Ada tokoh Madinah menelepon kami, ingin menjamu jemaah kita di rumah Beliau,” kata Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2018, Ahmad Dumyati Basori, di Kantor Urusan Haji (KUH) Indonesia di Madinah, Arab Saudi, Senin 16 Juli 2018.

Menurut Dumyati, antusiasme itu muncul bukan hanya datang dari personal. “ Tapi secara kelembagaan, baik muasasah  adilah (badan layanan haji Saudi) maupun Kementerian Haji (Arab Saudi) senang sekali menyambut jemaah haji Indonesia karena punya sejarah dengan jemaah haji Arab Saudi,” ucap dia.

Dumyati memastikan persiapan untuk menyambut jemaah haji Indonesia sudah siap. Semua persiapan sudah final. “ Kami sudah siap (melayani jemaah haji)” tegas dia.

Fasilitas jemaah haji yang menjadi fokus tim PPIH Arab Saudi antara lain, katering dan transportasi. Untuk katering, upaya sertifikasi terhadap para koki telah dilakukan. “ Pada tahun ini menunya lebih baik dan chef mendapatkan pelatihan dari Indonesia,” ujar dia.

Sementara itu, kesiapan transportasi dari bandara, mulai proses pengangkutan jemaah dari bandara telah dikoordinasikan dengan mukhala madinah dan pusat, serta naqabah atau organda. Upaya itu dilakukan demi memperbaiki layanan jemaah haj. 

Beri Komentar