Tersesat di Masjidil Haram? Datanglah ke Pos Sektor Khusus Ini

Reporter : Eko Huda S
24 Juli 2018 16:21
Ada empat sektor khusus dan 17 petugas yang berjaga dua shift. Mereka siap membantu jemaah haji Indonesia yang bingung di Masjidil Haram.

Dream - Jemaah calon haji Indonesia sering lupa jalan pulang setelah beribadah di Masjidil Haram. Maklum, banyak pintu masuk ke masjid yang terletak di Kota Mekah tersebut.

Namun jemaah tak usah khawatir. Sebab ada petugas sektor khusus (seksus) yang siap membantu para jemaah yang tersasar. Seksus merupakan salah satu sektor yang menjadi yang menjadi perhatian saat fase jemaah tinggal di Mekah.

Di sektor itu telah disiapkan 17 petugas. Mereka siap membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi jemaah calon haji saat bingung memasuki atau keluar dari Masjidil Haram.

Menurut Slamet Budiono, Kepala Seksus Masjidil Haram, sektor khusus ini bekerja aktif di Masjidil Haram mulai Kamis 26 Juli 2018 pukul 00.00 waktu setempat. Petugas seksus menggunakan sistem kerja dua shift, yakni Pukul 09.00-21.00 dan 21.00-09.00 WAS.

Ada empat pos sektor khusus ini. Pertama pos marwah, ke dua pos thawaf di lantai dasar, lantai satu dan dua, ke tiga pos di King Abdul Aziz Gate. “ Dan ke empat pos di lantai 3 Tower Zam-zam,” tambah Slamet, dikutip dari laman kemenag.go.id, Selasa 24 Juni 2018.

Pengalaman tahun lalu, kata Slamet, jemaah yang berada di Masjidil Haram agak kebingungan saat keluar dari masjid. “ Kami harap kepada seluruh petugas jika menemukan jemaah kebingungan bisa diserahkan ke kami,” ungkapnya.

Bila jemaah yang tersesat itu belum thawaf atau sa’i, maka akan dibantu menyelesaikan kedua ibadah tersebut.

Slamet juga meminta jemaah agar tidak membawa uang dalam jumlah besar saat meninggalkan hotel. “ Hal ini tentu merupakan langkah preventif untuk mencegah aksi yang tidak kita inginkan,” pesan Slamet. 

Beri Komentar