TKHI Siagakan Dokter Spesialis Bantu Jemaah Haji Wanita Kontrol Haid

Reporter : Ahmad Baiquni
18 Juli 2019 15:52
Jemaah haji wanita bisa memanfaatkan layanan konsultasi reproduksi untuk mencegah haid selama melaksanakan prosesi ibadah haji.

Dream - Tim Kesehatan Haji Indonesia di Arab Saudi menyiagakan tenaga dokter spesialis kebidanan bagi jemaah wanita. Tim dokter tersebut bertugas melayani konsultasi pengendalian jadwal haid kepada jemaah haji wanita agar tetap lancar beribadah.

Jemaah haji wanita dapat memanfaatkan layanan ini. Mereka akan mendapatkan layanan pengobatan untuk mencegah haid berlangsung di tengah prosesi ibadah haji.

" Jadi pada jemaah wanita yang usia reproduksi yang berusaha untuk mengatur siklus haidnya agar pada waktu ibadah wajib itu tidak mengalami menstruasi, jemaah bisa mengaturnya dengan memajukan atau memundurkan siklus haidnya," ujar dokter spesialis kebidanan dan kandungan TKHI, dr Mona Sp.OG, dikutip dari Liputan6.com.

Menurut anggota Tim Promotif Preventif 2019 ini, jemaah haji wanita dapat mengontrol siklus haid melalui rekayasa hormonal. Caranya dengan mengonsumsi obat-obatan yang mengandung hormon seperti pil kontrasepsi dengan hormon estrogen dan atau progesteron dengan dosis tertentu.

" Penggunaan pil kontrasepsi tidak boleh dilakukan secara sembarangan tetapi harus bedasarkan hasil konsultasi dengan dokter, baik saat di Indonesia maupun ketika di Tanah Suci," ucap dia.

 

2 dari 7 halaman
Beri Komentar