Tenaga Terkuras Saat Armina, Jemaah Gelombang Dua Harus Jaga Kondisi Saat Arbain

Reporter : Maulana Kautsar
30 Agustus 2018 10:45
Sebanyak 114 ribu jemaah haji gelombang ke dua memang diberi kesempatan untuk melakukan ibadah arbain atau sholat wajib 40 kali berturut-turut di Masjid Nabawi.

Dream – Jemaah haji gelombang ke dua yang akan melaksanakan ibadah arbain di Masjid Nabawi, Madinah, diimbau menjaga kesehatan. Diperkirakan, banyak jemaah yang telah kelelahan setelah menjalankan puncah ibadah haji beberapa waktu yang lalu.

“ Jemaah kelelahan karena telah menjalani fase Armina yang dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah sakit,” kata Kepala Seksi Kesehatan Daker Madinah, Indro Murwoko, Rabu 29 Agustus 2018.

Dia memperkirakan jumlah jemaah yang datang ke klinik kesehatan akan lebih banyak ketimbang gelombang pertama yang lalu.

Sebanyak 114 ribu jemaah haji gelombang ke dua memang diberi kesempatan untuk melakukan ibadah arbain atau sholat wajib 40 kali berturut-turut di Masjid Nabawi, sebagaimana jemaah gelombang pertama. Mereka tiba di Madinah mulai 31 Agustus 2018.

Indro mengatakan, Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Bidang Kesehatan telah membuat rencana mengantisipasi kedatangan gelombang kedua. “ Di antaranya, kami akan memperkuat kordinasi dengan daker untuk mengantisipasi permasalahan-permasalahan nonmedis,” kata dia.

Selain itu, petugas kesehatan juga akan mengevaluasi pola rujukan pasien dari kloter dan sektor ke KKHI dan rumah sakit Arab Saudi. Ini untuk mengantisipasi kapasitas KKHI Madinah.

Selain pola rujukan, Bidang Kesehatan PPIH Arab Saudi akan menambah tenaga paramedis. Sedikitnya lima tenaga dokter akan diterjunkan. Dari jumlah itu, dua di antaranya merupakan dokter spesialis dan tiga dokter umum. Perbekalan dan obat juga telah disiapkan.

Laporan Maulana Kautsar dari Tanah Suci 

Beri Komentar