Tahun Depan, Jemaah Haji Indonesia Bisa Tempati Tenda Tingkat

Reporter : Eko Huda S
21 Agustus 2019 15:53
Tahun ini Otoritas Haji Arab Saudi telah menguji coba tenda bertingkat di Mina untuk jemaah dari negara-negara Teluk.

Dream - Tahun ini Otoritas Haji Arab Saudi telah menguji coba tenda bertingkat di Mina untuk jemaah dari negara-negara Teluk. Bila penggunaan tenda bertingkat ini mendapat feedback bagus, maka tahun depan jemaah haji Indonesia berkesempatan menempatinya.

" Sekarang masih eksperimen, kalau ini ada feedback dan sukses, tahun depan akan digunakan untuk perkemahan tenda Indonesia," ujar Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 21 Agustus 2019.

Kawasan Mina, kata dia, selalu menjadi titik krusial saat musim haji karena daya tampung yang terbatas. Padahal, jumlah jemaah haji selalu bertambah.

" Meski begitu, Pemerintah Arab Saudi terus berupaya mencari jalan keluar dengan meningkatkan daya tampung Mina, sebagai lokasi mabit (berdiam diri) jamaah haji ketika melempar jumrah," papar Agus.

Menurut Agus, salah satu upaya yang tengah dilakukan adalah membangun tenda bertingkat di Mina. " Mina akan dibangun dengan tenda bertingkat, dengan ruang perorang dua meter persegi," kata dia.

Agus mengatakan, selama ini ruangan di tenda-tenda untuk jemaah hanya 0,8 meter persegi. Sehingga, ruangan tenda-tenda itu selalu sesak. " Pemerintah Arab Saudi paham betul ini adalah kesulitan yang harus diselesaikan," ucap Agus.

Pembangunan tenda bertingkat di Mina ini merupakan salah satu usulan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, kepada otoritas penyelenggaraan haji Arab Saudi.

Dalam pertemuan dengan Menteri Haji Arab Saudi dan Gubernur Mekah beberapa waktu lalu, Lukman menyampaikan cara meningkatkan daya tampung di Mina adalah dengan membangun tenda bertingkat. 

Beri Komentar