Sebelum ke Mekah, Jemaah Haji Dianjurkan Ziarah ke Makam Rasul

Reporter : Maulana Kautsar
25 Juli 2018 18:17
Sebelum berziarah ke makam Nabi Muhammad, jemaah dapat melakukan sholat sunah dua rakaat di Masjid Nabawi. Setelah itu, jemaah calon haji dapat berdoa meminta hajat.

Dream – Konsultan Ibadah Haji Daerah Kerja Madinah, Ahmad Sartono, menyarankan jemaah haji berziarah wada’ atau perpisahan ke makam Rasulullah di Masjid Nabawi sebelum bergerak ke Mekah pada Kamis 26 Juli 2018.

Sebelum berziarah ke makam Nabi Muhammad, jemaah dapat melakukan sholat sunah dua rakaat di Masjid Nabawi. Setelah itu, jemaah calon haji dapat berdoa meminta hajat.

Setelah sholat, jemaah haji dapat menyampaikan salam dan sholawat di depan makam Rasulullah. Setelahnya, berdoa meminta kemudahan dalam beribadah dan kembali ke Madinah dan Mekah, serta selamat hingga ke Tanah Air.

Jelang keberangkatan ke Mekah, jemaah diminta segera mandi dan berihram di hotel. “ Ini biar tak terburu-buru sesampainya di miqat di Bir Ali,” kata Kartono di Madinah, Rabu 25 Juli 2018.

Selama perjalanan ke Mekah, jemaah diminta mengingatkan sopir agar berhenti di Bir Ali, atau Abyar Ali. Cara itu untuk mewaspadai kejadian salah jalan yang dialami jemaah tahun lalu.

“ Ada kejadian tahun lalu sopir bablas ke Mekah saat jemaah belum niat ihram. Jadi harus diingatkan, ini hal yang krusial dan penting,” ujar dia.

Sopir yang lupa membawa jemaah ke Bir Ali dapat diingatkan untuk membawa jemaah kembali.

Jika jarak yang dilewati hanya mencapai lebih dari ratusan meter, sopir bisa diminta berhenti di tanda yang menunjukkan daerah yang sejajar dengan Miqat Juhfah. Jemaah haji dapat memanfaatkan perhentian itu untuk berniat.

Jika jemaah telah sampai ke Mekah, ada dua cara yang bisa dilakukan jemaah. Pertama, berniat dari hotel di Mekah dan harus membayar dam. Kalau masih ada waktu, jemaah bisa meminta sopir membawa ke arah keluar Mekah sejauh dua marhalah atau sekitar 80 kilometer dan berniat ihram lalu masuk kembali ke Mekah.

Selama di Bir Ali, jemaah haji dapat menjalankan sholat di dalam masjid. Baik sholat Sunah dua rekaat maupun sholat wajib. Setelah itu, jemaah dapat melaksanakan sholat sunah terkait ihram dua rekaat. “ Harus sepakat sebaiknya setengah jam saja di Bir Ali,” ucap dia.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Madinah 

Beri Komentar