Sebagian Jemaah Haji Indonesia Sudah di Bir Ali

Reporter : Maulana Kautsar
26 Juli 2018 14:49
Ratusan jemaah calon haji asal Indonesia telah berangkat dari Madinah ke Mekah. Dalam perjalanan mereka singgah ke Masjid Bir Ali untuk mengambil miqat.

Dream - Ratusan jemaah calon haji asal Indonesia telah berangkat dari Madinah ke Mekah. Dalam perjalanan mereka singgah ke Masjid Bir Ali untuk mengambil miqat.

Kepala Sektor Bir Ali, Syahbuddin, mengatakan, sebanyak 168 bus dari 18 kloter akan tiba di Bir Ali, mulai pukul enam pagi hingga enam petang waktu Arab Saudi. Untuk melayani kedatangan jemaah calon haji, dia membagi beberapa tugas.

" Kami lokasinya begini, pembagian tugas, ada bagian penerimaan, ada yang menunjukkan lokasi wudu dan lokasi sholat, serta yang di bagian belakang bagian pencatatan keberangkatan menuju Mekah," kata Syahbuddin, di Bir Ali, Madinah, Kamis 26 Juli 2018.

Meski begitu, Syahbuddin tidak berhak mengatur posisi dan penempatan bus jemaah haji Indonesia. " Yang berhak adalah naqabah yang ada di Bir Ali, kami mau enggak mau ikuti aturan mereka," ujar dia.

Berkaca dari pengalamannya menjadi petugas, penempatan bus di area Bir Ali memakan waktu tak sampai setengah jam. " Setiap rombongan biasanya diberi waktu 20 hingga 25 menit," ujar dia.

Ketua Regu Kloter JKG 01, Harianta, mengatakan, waktu itu bisa molor karena banyaknya jemaah haji yang berusia lanjut. " Ya kita harus sabar," ujar Harianta.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Madinah

 

Beri Komentar