Tiba di Mekah, Rombongan Amirul Hajj Jalani Umroh Wajib

Reporter : Ahmad Baiquni
1 Agustus 2019 17:18
Menteri Lukman bersama rombongan tiba di Mekah Kamis dini hari waktu setempat.

Dream - Rombongan Amirul Hajj yang dipimpin Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, langsung melaksanakan umroh wajib begitu tiba di Mekah dini hari tadi. Mereka sudah mengenakan ihram ketika turun dari kendaraan.

" Umroh berlangsung dengan lancar, tadi kami mulai pukul 02.15, jadi tawaf meski padat alhamdulillah lancar. Meunrut saya cukup cepat, tidak sampai satu jam," ujar Lukman, dikutip dari Kemenag.go.id, Kamis 1 Agustus 2019.

Rombongan yang terdiri dari 12 orang ini melaksanakan rangkaian umroh wajib. Mereka menutupnya dengan tahalul atau potong rambut.

Lukman mengatakan, situasi Mekah saat ini semakin padat. Dia mengimbau jemaah haji Indonesia untuk tidak memaksakan diri beribadah sunah.

" Jangan terlalu memforsir ibadah umroh dan lain sebagainya karena kita harus benar-benar mempersiapkan diri untuk wukuf. Karena puncak haji adalah wukuf di Arafah, jadi mudah-mudahan setiap kita itu bisa mengukur kemampuan diri sendiri," kata dia.

Lukman juga meminta jemaah untuk mengatur pola makan dan beristirahat yang cukup. Dia juga berharap jemaah bisa menunaikan setiap rukun dan wajib haji serta bisa melaksanakan sunahnya sekalian.

" Kita berharap kualitas penyelenggaraan haji tahun ini adalah penyelenggaraan haji yang terbaik dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata Lukman.

Terkait
Beri Komentar