Rentetan Kedatangan Warnai Hiruk Pikuk Bandara Jeddah

Reporter : Maulana Kautsar
4 Agustus 2018 19:09
“Ini belum puncaknya meski kedatangan kloter-kloter sudah mulai di waktu yang hampir bersamaan".

Dream - Kedatangan gelombang kedua jemaah haji Indonesia di Bandara King Abdulaziz, Jeddah, Arab Saudi, kian padat. Hingga Jumat, 3 Agustus 2018 malam, sejumlah kloter dalam waktu yang hampir bersamaan.

Berdasarkan pantauan Tim MCH, kedatangan kloter SOC-56 hampir bersamaan dengan kloter SUB-47. Kloter dari Embarkasi Solo mendarat pukul 10.30 WAS sementara kedatangan Embarkasi Surabaya hanya berselang delapan menit, 10.38 WAS.

Kesibukan tak berhenti. Pukul 11.06 WAS, kloter JKS-65 tiba. Selang, 20 menit kloter SUB-48 tiba.

 bandara

Kesibukan itu berlanjut, kloter UPG-20 tiba pukul 12.30 WAS. Sementara kloter SOC-57 mendarat pukul 14.21 WAS.

“ Banyak petugas yang belum makan siang ini,” kata Iwan, salah satu pelaksana tugas di Daker Bandara PPIH Arab Saudi, saat itu.

Begitupun, Kloter 38 Jakarta-Pondok Gede sudah merapat untuk mendarat Pukul 15.30 waktu setempat.

Masing-masing kloter keluar melalui gerbang yang berbeda-beda. Pemandangan petugas haji Indonesia yang bergerak kesana kemari jadi jamak.

 jemaah haji

“ Ini belum puncaknya meski kedatangan kloter-kloter sudah mulai di waktu yang hampir bersamaan,” kata Kepala Daker Bandara, Arsyad Hidayat mengomentari situasi tersebut.

Arsyad mengatakan, menjelang akhir kedatangan pada 15 Agustus nanti, kepadatan akan semakin merepotkan.

Kondisi itu menyebabkan, kata dia, mau tak mau akan memecah konsentrasi para petugas di Bandara KAIA Jeddah.

Belum lagi ada tekanan dari pihak Kementerian Haji Arab Saudi untuk melekaskan pendorongan jamaah ke bus untuk berangkat ke Mekah.

Kesibukan pada hari itu, kata Arsyad, terbantu banyaknya jamaah yang sudah mulai tertib mengenakan pakaian ihram dari Tanah Air.

" Ini sangat membantu petugas kita juga petugas Arab Saudi,” kata dia.

Sebab itu, ia mengimbau masing-masing embarkasi di Tanah Air untuk mematuhi seruan tersebut.

Hingga hari sembilan belas sejak kedatangan kali pertama jemaah haji di Tanah Suci, sebanyak 303 kloter atau 121.847 jemaah telah tiba.

Demikian informasi dari data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Daerah Kerja Bandara yang diterima Media Center Haji (MCH), Sabtu, 4 Agustus pukul 07.30 WAS.

Beri Komentar