Rayakan Hari Nasional, Saudi 'Hidupkan' Kawasan Kota Tua Jeddah

Reporter : Maulana Kautsar
23 September 2018 16:59
Arab Saudi merayakan 88 tahun penyatuan kerajaan.

Dream - Kawasan Kota Tua Jeddah yang berada di Al Balad kembali 'dihidupkan'. Lampu dan ornamen khas Arab mewarnai kawasan tersebut.

Berbagai hiasan itu merupakan bagian dari perayaan untuk menyambut perayaan Hari Nasional Arab Saudi ke-88 yang jatuh 23 September 2018.

Uniknya, perayaan ini digelar oleh generasi muda Saudi. Para pemuda itu bergabung dengan organisasi waralaba milik Pangeran Mohammed bin Salman, MiSK.

Senior Project MisK, Abdullah Alkhayal, mengatakan MiSK menginisiasi perayaan Hari Kemerdekaan Saudi ke-88 di Kota Tua Jeddah. Ini karena kawasan tersebut terkait erat dengan sejarah penyatuan kerajaan oleh Raja Abdulaziz, yang terwujud dalam monumen gerbang kota.

 Kota Tua Jeddah

" Karena itu mengapa kami memilih lokasi ini. Kami punya banyak aktivitas, digambarkan dalam replika situasi 88 tahun lalu, dan kami punya malam perhelatan seni dengan menyediakan studio bagi seniman menunjukkan karyanya, dan gratis," ujar Abdullah.

Banyak keluarga berkunjung dan geliat malam di Kota Tua Jeddah. Di area khusus, anak-anak menghabiskan waktu dengan bermain bersama.

 Area bermain anak di Kota Tua Jeddah

Abdullah mengatakan, acara ini sudah ketiga kalinya digelar. Menurut dia, Kota Tua adalah yang menandai pembentukan Kerajaan Arab Saudi.

" Tujuan acara ini menggarisbawahi pentingnya kota bersejarah ini ketika Raja Abdulaziz memimpin kerajaan berawal dari gerbang kota ini, dan juga menekankan Kota Tua Jeddah adalah warisan budaya yang terdaftar di UNESCO," kata dia.

Sementara itu, antusiasme perayaan Hari Nasional juga dirasakan jemaah haji Indonesia di Madinah. Menjelang kepulangan menuju Tanah Air melalui Bandara Internasional Amir Mohammed bin Abdulaziz pada Sabtu, 22 September 2018, jemaah haji Indonesia dilepas dengan sangat meriah.

Rombongan jemaah kloter SUB 78 dalam kesempatan tersebut menyampaikan selamat kepada Raja Salman bin Abdulaziz, Pangeran Mohammed bin Salman, serta warga Saudi. Mereka juga turut mendoakan keamanan dan kemajuan bagi Arab Saudi.

Beri Komentar