Siasat Antisipasi Jemaah Tersesat dan Kehilangan Alas Kaki

Reporter : Sandy Mahaputra
21 Juli 2018 11:33
Jamaah haji mulai membludak,

Dream - Sektor khusus jemaah haji Indonesia di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi menambah petugas untuk pengawasan bagi jemaah haji yang tersesat.

Kepala Daker Madinah, Muhammad Khanif, menyebut, menambah 12 orang di bawah komando Kepala sektor khusus Masjid Nabawi.

" Sehingga total kesuluruhan menjadi 29 orang petugas," ujar Khanif, Jumat, 20 Juli 2018.

Selain keamanan, Khanif menuturkan petugas juga mengantisipasi semakin banyaknya jemaah yang tersesat dan kehilangan alas kaki.

" Bila kehilangan, segera hubungi atau cari petugas terdekat dan meminta sandal gratis, agar bisa kembali ke pemondokan dengan aman," ujar Khanif.

Khanif mengatakan, telah meminta petugas untuk tak pernah bosan mengingatkan jemaah agar jemaah selalu membawa sandal atau alas kaki baik ketika berangkat dari pemondokan ataupun kembali ke Tanah Suci.

 Jemaah Haji

Jemaah haji juga diminta terus membawa peralatan perlindungan diri. Misalnya, mengenakan topi, untuk menghindari langsung dari sengatan matahari.

Menurut Khanif, jemaah harus terus diingatkan agar senantiasa membawa bekal air minum setiap saat membawa air minum.

" Kita sudah senantiasa memberikan arahan para petugas kloter yang ada di daker madinah imbauan kepada para jemaah," ujar dia.

Hari ini, Jumat, 20 Juli 2018, pukul 08.30 WAS sebanyak 2.770 jemaah haji Indonesia dari tujuh kloter akan tiba di Indonesia. Tujuh kloter itu diantaranya BDJ-1, JKG-6, UPG-4, SUB-7, JKG-7, dan SUB-8, SOC-9.

Dengan kedatangan tujuh kloter itu, sebanyak 46 kloter jemaah haji sudah sampai ke Madinah. Total, sejak 17 hingga 20 Juli 2018, telah tiba 18.579 jemaah haji.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Madinah

Beri Komentar