Penanda Koper Jemaah Haji Indonesia, Mulai Centong hingga Gelas

Reporter : Maulana Kautsar
23 Juli 2019 16:23
Agar koper mudah dikenali.

Dream - Tempelan berupa stiker dan gantungan nama sudah lumah sebagai penanda koper jemaah haji Indonesia. Tapi, setiap tahun, selalu ada kreativitas untuk membedakan koper-koper para jemaah haji tersebut.

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 23 Juli 2019, para jemaah haji Indonesia yang tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, memakai penanda koper yang beragam. Beberapa di antaranya sendok nasi, sandal jepit, hingga gelas.

Penanda ini penting karena koper dan tas yang diberikan ke jemaah sama bentuk dan warnanya. Sehingga bandul yang berbeda-beda sangat penting untuk membedakannya.

" Biar gampang terlihat dari jauh," kata Soyah, jemaah haji asal Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, setelah turun di pesawat, Senin 22 Juli 2019.

Menurut Soyah, ide memasang centong nasi berasal dari anaknya. Centong dipilih karena bentuknya yang tak mencolok.

Jemaah haji asal Embarkasi Palembang, Rohani, menandai kopernya dengan gelas warna ungu. Dia sengaja memasang tanda koper gelas ungu agar mudah dikenali.

" Jemaah kan banyak, jadi kopernya mudah dicari kalau ada tandanya," ucap dia.

Mukajat Suyadi, jemaah haji asal Kabupaten Sorong, Papua Barat, yang memasang lap serbet di kopernya sebagai tanda.

Awalnya Mukajat merasa bingung hendak menandai koper bawaannya dengan apa. Setelah melihat lap serbet di rumah, kemudian Mukajat spontan mengikatkannya pada koper.

" Biar mudah dikenali to," ungkap dia.

Sumber: Liputan6.com/Nabila Bilqis

Beri Komentar