Pemulangan Jemaah Haji Indonesia Gelombang Pertama pada 17 Agustus

Reporter : Maulana Kautsar
15 Agustus 2019 13:39
Ada barang-barang yang tak boleh dibawa.

Dream - Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara, Arsyad Hidayat, mengatakan, gelombang pertama pemulangan jemaah haji Indonesia akan dilakukan pada 17 Agustus 2019. Jemaah haji Indonesia akan diterbangkan dari Bandara King Abdulaziz, Jeddah.

Arsyad mengimbau jemaah haji yang hendak pulang harus tiba sekitar delapan jam sebelum waktu terbang. Sebab, para jemaah haji yang hendak pulang akan berangkat dari Mekah.

Perjalanan dari Mekah ke Jeddah diperkirakan memakan waktu 2 jam hingga 3 jam perjalanan.

" Setidaknya jemaah sudah sampai di Bandara Jeddah pada waktu 6 jam sebelum pesawat take off," kata Arsyad, Kamis, 15 Agustus 2019.

Jemaah yang akan pulang ke Tanah Air merupakan jemaah dari gelombang pertama keberangkatan. Dengan kata lain, jemaah yang tiba di Madinah paling awal.

Sebanyak 13 kloter tercatat akan kembali ke Tanah Air lebih awal, diantaranya Embarkasi Jakarta, Palembang, Lombok, Surabaya, Padang, Solo, dan Batam.

Selain mengimbau ketepatan waktu, Arsyad juga mengingatkan bobot dan isi koper jemaah. " Maksimal barang bagasi jemaah itu 32 kilogram tas koper dan kabin 7 kilogram," kata dia.

Sementara itu, barang yang terlarang dibawa yaitu, air zamzam, benda tajam, dan uang yang melebihi ketentuan otoritas Arab Saudi.

" Itu dipastikan akan kena sweeping dari pihak maskapai. Oleh karena itu, kami mengimbau seluruh jemaah haji taat," kata dia.

Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar