Menag: Jangan Cemari Ibadah Haji dengan Urusan Politik

Reporter : Maulana Kautsar
28 Agustus 2018 11:50
Dalam rekaman video yang beredar di sosial media, terlihat puluhan jemaah haji Indonesia yang masih berihram mengobarkan kaos #2019GantiPresiden.

Dream – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, menyayangkan jemaah haji yang mengibarkan kaos bertagar #2019GantiPresiden. Dalam rekaman video yang beredar di sosial media, terlihat puluhan jemaah haji Indonesia yang masih berihram mengobarkan kaos #2019GantiPresiden.

“ Ya sebaiknya tidak dilakukan hal-hal seperti itu, sebaiknya masing-masing kita bisa menahan diri untuk melibatkan persoalan masing-masing yang ada di Tanah Air di Tanah Suci,” kata Lukman di Madinah, Arab Saudi, Senin 27 Agustus 2018.

Menurut Lukman, Tanah Suci merupakan tanah milik bersama seluruh umat Islam. Sekat-sekat perbedaan dalam aspirasi politik praktis, luluh.

Lukman juga mengingatkan, saat umat Islam berihram pada wukuf di Arafah, perbedaan prinsipil dan non-prinsipil juga hilang.

“ Sehingga mari kita jaga bersama-sama perbedaan aspirasi politik, jangan sampai mencemari atau memengaruhi secara negatif usaha kita bersama di Tanah Suci ini, karena hakikatnya kita sama,” ujar dia.

2 dari 2 halaman
Beri Komentar