Jemaah Haji Harus Jaga Nama Baik Indonesia

Reporter : Ahmad Baiquni
2 Agustus 2019 14:45
Jemaah haji sudah seringkali mendapat pujian dari Pemerintah Arab Saudi.

Dream - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, meninjau lokasi penginapan dan fasilitas jemaah haji setelah melaksanakan umroh wajib. Amirul Hajj ini juga menyempatkan diri berbincang kepada jemaah haji Indonesia.

Lukman mengingatkan agar para jemaah haji selalu menjaga nama baik Indonesia selama berada di Tanah Suci. Karena para jemaah haji juga merupakan duta bangsa di negara sahabat.

" Pada diri kita melekat Merah Putih, melekat Garuda, jaga nama baik bangsa," ujar Lukman, dikutip dari Kemenag.go.id.

Lukman menjelaskan, jemaah haji Indonesia patut bersyukur. Sebab, Pemerintah Arab Saudi memuji jemaah haji Indonesia yang terkenal tertib, santun, dan sopan.

Citra baik tersebut tidak muncul dalam waktu singkat. Semua berkat tradisi jemaah haji Indonesia di masa lalu yang terus terawat hingga saat ini.

" Oleh karenanya, jadikan tertib dan santun ini sebagai tradisi di Tanah Suci, sehingga anak cucu kita juga memperoleh predikat itu juga," kata Lukman.

Dia sendiri bersyukur menyaksikan seluruh fasilitas yang diterima para jemaah haji sudah lebih dari layak.

" Saya bersyukur menyaksikan langsung hotel yang ditinggali, dirasakan jemaah cukup nyaman dan layak. Alhamdulillah enak dan cukup. Meskipun bagi yang terbiasa porsi besar, dirasa kurang. Tapi rata-rata cukup," kata Lukman.

Lebih lanjut, Lukman mengajak para jemaah haji untuk bersyukur bisa sampai di Tanah Suci. " Syukur bisa di Tanah Suci, karena tidak semua orang ditakdirkan bisa di Tanah Suci," kata dia.

Beri Komentar