Menag Bersyukur Jemaah Haji Indonesia Tak Perlu Antre di Saudi

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
25 Juli 2018 06:20
Dengan proses baru ini, jemaah haji tidak lagi harus mengantre selama hampir tujuh jam di bandara kedatangan, baik di Jeddah maupun Madinah.

Dream – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin bersukur karena jemaah calon haji Indonesia tahun ini tidak perlu mengantre di imigrasi Arab Saudi. Sebab, proses imigrasi sudah dilakukan saat jemaah masih berada di tanah air.

" Seluruh proses yang harus kita syukuri, proses imigrasi yang selama ini selalu di bandara Madinah dan Jeddah sekarang sudah dilakukan di tanah air," kata Lukman di Royal Kuningan Hotel, Jakarta, Rabu 25 Juli 2018.

Lukman menjelaskan, proses imigrasi saat ini bisa dilakukan di 13 embarkasi yang memberangkatkan jemaah haji dari seluruh Indonesia. " Sehingga, tiba di Madinah itu hanya sekedar verifikasi hanya menstempel paspor jemaah," ucap dia.

Dengan proses baru ini, jemaah haji tidak lagi harus mengantre selama hampir tujuh jam di bandara kedatangan, baik di Jeddah maupun Madinah. " Tapi sekarang satu kloter itu bisa satu jam, mudah-mudahan ini dari sisi waktu menghemat stamina jemaah kita," kata Lukman. 

Beri Komentar