Mekah Siap Sambut Jemaah Haji Indonesia

Reporter : Maulana Kautsar
22 Juli 2018 17:17
Persiapan sudah hampir 100 persen.

Dream - Kepala Daerah Kerja Mekah, Endang Jumali, mengatakan persiapan untuk akomodasi jemaah haji sudah hampir 100 persen. Beberapa hotel sudah siap menyambut jemaah haji Indonesia seperti Hotel Basyerahil di sektor 1 Mekah.

”Hotel ini siap menampung sekitar 1.100 jemaah haji Indonesia, dengan fasilitas setara bintang empat,” kata Endang, Sabtu, 21 Juli 2018.

Menurut Endang, botel berjarak 3,5 kilometer dari Masjidil Haram ini menyediakan fasilitas pendukung bagi jemaah haji. Salah satunya fasilitas air siap minum di setiap lorong hotel.

" Insya Allah persiapan sudah hampir 100 persen, tinggal menata dan mendistribusikan air minum dalam kemasan untuk jemaah kita," ujar Endang.

Endang juga mengatakan pihaknya akan memastikan kesiapan 36 perusahaan katering penyedia makanan bagi para jemaah haji. Dia menyatakan bakal selalu memantau setiap perusahaan katering agar menyediakan makanan nusantara,

" Ada 36 perusahaan katering sudah dikontak telah siap menyajikan masakan nusantara," ujar Endang.

Menurut Endang, Kementerian Agama telah melakukan seleksi koki untuk menyiapkan masakan yang sesuai dengan lidah orang Indonesia.

" Juru masak dengan sertifikasi Bina Gizi dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung," ujar Endang.

Lebih lanjut, Endang menyatakan tahun ini akan ada menu spesial. Menu tersebut berbahan dasar ikan patin.

Saat ini, sebanyak 64 kloter atau 25 ribu jemaah haji Indonesia sudah berada di Madinah. Mereka mulai berpindah ke Mekah pada Kamis, 26 Juli 2018.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kausar, dari Tanah Suci

Beri Komentar