'Inilah Organ Tubuh yang Menjuruskan Diriku'

Reporter : Maulana Kautsar
4 Agustus 2018 12:15
Sebab asal muasal kebaikan dan keburukan, berasal dari bisikan dan lintasan pikiran dalam hati.

Dream - Suhu Madinah mencapai di atas 40 derajat Celcius. Meski terik, antusiasme jemaah untuk mengikuti sholat Jumat di Masjid Nabawi tak surut.

Dalam pelaksanaan khutbah sholat Jumat, Imam Masjid Nabawi, Ali bin Abdur Rahman Al Huthaify menyampaikan sejumlah pesan untuk jemaah dan umat Islam. Ali meminta umat Islam.

 jamaah haji

Ali mengatakan, seorang muslim berkewajiban mengontrol dirinya karena bisikan dan was-was yang datang dari hati.

" Sebab asal muasal kebaikan dan keburukan, berasal dari bisikan dan lintasan pikiran dalam hati," kata Ali.

Ali mengatakan, jika setiap Muslim dapat mengendalikannya maka dia akan mendapatkan ketentraman. " Beruntunglah dia," ujar dia.

Dia mengutip pernyataan Anas RA yang mengatakan, " Rasullah bersabda, `Sesungguhnya setan meletakkan parangnya di hati anak adam, jika seseorang berzikir kepada Allah, maka setan akan mundur, sementara itu jika seseorang lalai berzikir, maka setan akan mematukkan. Itulah bisikan hati yang selalu datang dan pergi`." (HR Hurairah).

 haji umroh

Ali mengatakan, umat Muslim harus mampu menjaga hati dari dosa dan selalu mewaspadai bisikan setan.

" Barang siapa yang mengontrol dirinya secara bersungguh-sungguh maka akan banyak kebaikannya dan berkurang keburukannya," ujar dia.

Ali mengatakan, salah satu bentuk pengendalian diri ialah dengan menjaga lisan. Dengan mengutip Ibnu Mas'ud RA, dia berkata, " Demi Allah yang tidak ada Tuhan selain dia, tidak ada suatu apapun di atas bumi ini, yang lebih pantas dipenjarakan dalam waktu lama selain lidah."

Abu Bakar RA berkata, sembari memegang lisannya sendiri, " Inilah organ tubuh yang menjuruskan diriku."

Beri Komentar