Kisah WNI di Korsel Hanya Sepekan Tunggu Berhaji

Reporter : Maulana Kautsar
5 Agustus 2019 16:49
"Tahun ini daftar ya tahun ini berangkat," ujar Rifki.

Dream - Ada yang beda dengan seragam 30 warga negara Indonesia (WNI) di Jeddah, Jumat 2 Agustus 2019. Mereka mengenakan rompi warna kuning dengan tersemat bendera Korea Selatan.

Dikutip dari laman Liputan6.com, Senin 5 Agustus 2019, mereka merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Korea Selatan. Mereka berangkat haji dari Negeri Gingseng tersebut.

Salah satunya TKI yang tergabung dalam rombongan haji tersebut adalah, Rifki Muhammad. Dia mengaku, cukup menunggu sepekan untuk berangkat ke Tanah Suci.

" Kami bayar sekitar enam juta won, kalau dihitung ya sekitar Rp70 juta. Tahun ini daftar ya tahun ini berangkat," ujar Rifki.

TKI asal Malang, Jawa Timur, ini mengaku telah mendapatkan hak libur dari perusahaannya untuk bisa berhaji. Pendaftaran dilakukan pada agen perjalanan yang mengurus haji.

Seperti di Indonesia, persiapan berhaji dimulai dari menyiapkan paspor, laporan kesehatan, dan pemahaman mengenai tata cara melaksanakan ibadah haji.

Dari agen, jemaah haji WNI ini kemudian mendapatkan koper, rompi pengenal, tas paspor hingga manasik haji. " Total tiga minggu kami di sini," tambah dia. 

Beri Komentar