Kemenag Mulai Proses Visa Jemaah Haji

Reporter : Ahmad Baiquni
1 Juli 2018 10:20
Sudah ada 145 ribu paspor jemaah haji yang visanya siap diproses.

Dream - Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama mulai pemroses penerbitan visa untuk jemaah haji Indonesia di Kedutaan Arab Saudi. Saat ini, sudah ada 145 ribu visa jemaah haji yang siap diproses.

" Bahkan visa jemaah yang berangkat pada kloter-kloter awal sudah diajukan ke Kedutaan Besar Arab Saudi," ujar Kasubdit Dokumen Haji, Nasrullah Jassam, dikutip dari kemenag.go.id, Jumat, 29 Juni 2018.

Nasrullah mengatakan, sudah ada 2.000 visa jemaah haji dan 600 visa petugas haji yang selesai diproses. " Jumlah ini akan terus bertambah," kata dia.

Nasrullah menjelaskan pengurusan visa dimulai dengan verifikasi dokumen. Proses selanjutnya adalah permohonan visa dan gruping kloter.

Dari 120 ribu jemaah telah terbentuk sekitar 280 kelompok terbang (Kloter). Dia berharap proses visa bisa selesai sebelum jemaah diberangkatkan. Sebab, Kedubes Saudi memproses visa sebanyak 10-15 ribu.

Lebih lanjut, Nasrul meminta seluruh Kantor Wilayah Kemenag Provinsi segera menyerahkan dokumen jemaah haji jika belum dikirim. Ini agar pemvisaan dapat segera dijalankan.

Sebelumnya, Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi, Mohammed bin Saleh Banten, membantah kabar mengenai beban biaya visa yang ditanggung jemaah yang baru pertama kali menjalankan umroh dan haji.

Dia juga membantah kabar yang menyebut Raja Salman bin Abdulazis memberlakukan beban pembayaran itu untuk kepentingan jemaah haji.

" Kemitraan kami bertujuan untuk menghapus semua rintangan yang mungkin dihadapi jemaah haji dan umroh dan memfasilitasi kedatangan jemaah di Dua Masjid Suci di Mekkah dan Madinah," ujar Mohammed, dikutip Dream dari Al Arabiya, Kamis, 17 Mei 2018.

Sebaliknya, kerajaan Saudi justru akan memberikan fasilitas bebas visa untuk seluruh jemaah yang baru pertama kali umroh maupun haji.

(Sah)

Beri Komentar