Kebakaran di Mina Tidak Timpa Tenda Jemaah Haji Indonesia

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
6 Agustus 2019 19:57
Tenda jemaah asal Asia Tengah dan Asia Selatan.

Dream - Menteri Agama (Menag), Luan Hakim Saifuddin, memastikan insiden kebakaran yang terjadi di Mina, Mekah, Arab Saudi ,tidak menimpa tenda jemaah haji Indonesia.

" Itu terjadi di tenda-tenda yang akan didiami jemaah haji Asia Tengah, Asia Selatan dari India, Pakistan, Myanmar, Burma," ujar Lukman dikutip dari laman resmi Kemenag, Selasa, 6 Agustus 2019.

Peristiwa itu kemudian viral di media sosial. Lukman mengimbau kepada jemaah untuk tenang dan tetap fokus menjalankan ibadah.

" Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Itu hanya peristiwa kecil dan mudah-mudahan tidak akan terjadi di masa-masa yang akan datang," ucap dia.

Kementerian Agama, tambah Lukman, saat ini tengah melakukan pemasangan stiker yang bertuliskan nomor tenda, nomor kloter, jumlah orang yang menempati tenda dan kapasitas tenda.

Lukman menerangkan, pemberian nomor bertujuan untuk memudahkan jemaah haji Indonesia mencari tendanya.

Selain itu, ketika rombongan Amirul Hajj meninjau tenda di Mina untuk jemaah haji Indonesia, Lukman memerintahkan petugas panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi untuk mencopot segala atribut yang tidak berhubungan dengan Indonesia.

" Karena tahun-tahun sebelumnya saling tumpang tindih, banyak sekali spanduk, bendera yang justru melihat situasi atau area baik di Arafah maupun di Mina menjadi kurang asri bahkan cenderung kumuh, kotor," kata dia. 

Beri Komentar