Kadaker Mekah: Manfaatkan Gerhana Bulan untuk Ibadah

Reporter : Maulana Kautsar
25 Juli 2018 10:58
Sebagian jemaah haji sudah berada di Mekah

Dream - Kepala Daerah Kerja Mekah, Endang Jumali, mengajak jemaah haji memanfaatkan terjadinya fenomena alam gerhana bulan total di langsit Arab Saudi untuk beribadah. Jemaah haji dapat melangsungkan sholat gerhana bulan atau khusuf.

" Silakan manfaatkan momentum itu untuk beribadah," ujar Endang di kantornya, kawasan Syisyah, Mekah, Arab Saudi, Selasa, 24 Juli 2018.

Endang mengingatkan jemaah haji tak melakukan kegiatan yang di luar ketentuan ajaran Islam. Dia juga meminta jemaah haji mengikuti aturan Kerajaan Saudi terkait ketentuan ibadah.

Diberitakan sebelumnya, gerhana bulan total diprediksi dapat teramati di wilayah Arab Saudi dan negara-negara Timur Tengah lain pada 27 Juli 2018. Fenomena alam berlangsung dalam durasi paling lama sejak delapan dekade terakhir.

Dilansir Alarabiya, anggota Serikat Arab untuk Astronomi dan Ilmu Luar Angkasa, Profesor Khalid Al Zaaq, melalui akun media sosialnya menyatakan warga Saudi bisa mengamati gerhana bulan total paling lama sejak 83 tahun terakhir.

Sebagian jemaah haji dari Indonesia sudah berada di Mekah saat gerhana terjadi. Sementara itu, beberapa lainnya masih berada di Madinah.

Untuk diketahui jemaah haji Indonesia gelombang pertama tiba di Mekah dari Madinah pada Kamis 26 Juli 2018.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

Beri Komentar