Jumlah Jemaah Haji 2019 yang Wafat Jauh Lebih Banyak dari Tahun Lalu

Reporter : Eko Huda S
16 September 2019 14:52
Berdasarkan catatan, jemaah haji Indonesia yang wafat tahun lalu mencapai 385 orang.

Dream - Hingga hari terakhir pemulangan, tercatat sebanyak 450 jemaah haji Indonesia wafat di Arab Saudi. Para jemaah yang wafat berasal dari kelompok reguler dan haji khusus.

Jumlah jemaah haji yang wafat tahun ini melampaui angka tahun lalu. Berdasarkan catatan, jemaah haji Indonesia yang wafat tahun lalu mencapai 385 orang. Baca di sini: Musim Haji 2018 Resmi Berakhir, Ini Daftar Lengkap 385 Jemaah yang Wafat

Sementara, berdasarkan data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019, hingga kemarin jemaah haji yang masih dirawat di Arab Saudi sebanyak 74 orang. Rinciannya, delapan orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji (KKHI) Madinah, 66 orang di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Mekah dan Madinah.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat, PPIH bersama dengan instansi lain, seperti Kantor Urusan Haji (KUH) dan Konsul Jenderal Indonesia, di Jeddah terus memantau jemaah haji yang sakit.

Apabila kondisi jemaah membaik, maka selanjutnya akan dipulangkan ke Tanah Air. " Mereka juga akan melakukan visitasi, mengecek dan memonitor jemaah. Ketika kondisinya sudah membaik sesegera langsung dipulangkan ke tanah air," tambah Arsyad.

Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar