Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Jemaah Haji Tamattu` Diimbau Bayar Dam Lewat Bank Pilihan Kerajaan Saudi

Jemaah Haji Tamattu` Diimbau Bayar Dam Lewat Bank Pilihan Kerajaan Saudi Jemaah Haji Indonesia (Foto: Kemenag.go.id)

Dream - Jemaah haji Indonesia diimbau untuk membayar kewajiban dam melalui bank pilihan pemerintah Arab Saudi. Imbauan ini disampaikan seoring aktivitas para sebagian besar jemaah haji yang mulai melaksanakan haji Tamattu’.

Haji tamattu' adalah rangkaian pelaksanaan ibadah haji dimana para jemaah melakukan umrah terlebih dahulu baru berhaji. Sesuai ketentuan, jemaah yang melaksanakan haji Tamattu' diwajibkan membayar dam atau denda berupa menyembelih hewan.

"Jemaah diimbau untuk dapat melakukan pembayaran dam sesuai saluran resmi yang telah ditentukan Pemerintah Arab Saudi sehingga pelaksanaannya sesuai aturan dan tertib,” pesan Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Akhmad Fauzin.

Pada musim haji tahun ini, pemerintah Saudi melalui Perusahaan Motawif Jemaah Haji Asia Tenggara (Motowifs Pilgrims For South East Asian Countries Company) telah mengeluarkan surat petunjuk tentang Dam dan Kurban Tahun 1443H. Surat ditujukan kepada Perwakilan Misi Haji Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Daftar Bank Pilihan Pemerintah Arab Saudi

Melalui surat edaran tersebut dijelaskan bahwa jemaah dapat membayar dam melalui saluran pembayaran yang telah ditentukan pemerintah Arab Saudi. Yakni Bank Pembangunan Islam (IsDB), Bank Al Rajhi, Pos Saudi, dan Situs (ADAHI).

“Pemerintah mengimbau jemaah tidak melakukan transaksi dengan calo dan penjaja/pedagang, tidak membeli kupon dari situs web yang mencurigakan," sambungnya.

Tiga lembaga tersebut dipilih karena dianggap memenuhi kriteria yang ditetapkan.

"Kami mendorong agar PPIH Arab Saudi Bidang Bimbingan Ibadah dan PPIH Kloter segera melakukan koordinasi dan sosialisai ke jemaah haji," kata Fauzin mengimbau.

Sumber: Merdeka.com

 

Layanan Kursi Roda Bantu Jemaah Haji di Masjidil Haram, Segini Tarif Sewanya

Dream - Jemaah haji Indonesia yang tengah berada di Masjidil Haram dapat menggunakan layanan jasa pendorong kursi roda. Layanan ini dapat dimanfaatkan jemaah saat melakukan thawaf dan sa’i.

“ Ada layanan jasa resmi pendorongan korsi roda di Masjidil Haram yang dapat dimanfaatkan jemaah untuk pelaksanaan thawaf dan sa’i,” kata Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Fauzin, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, pada Kamis, 23 Juni 2022.

Jasa layanan kursi roda bisa dijumpai di tiga titik terminal yang digunakan jemaah haji Indonesia, yakni Syib Amir, Jiad, dan Bab Ali. Layanan tersebut akan beroperasinya mulai sore setelah waktu ashar hingga malam hari. 

“ Pagi dan siang hari tidak ada, dikarenakan cuaca yang sangat panas,” terangnya.

Bagi jemaah yang memerlukan jasa layanan pendorongan kursi roda tersebut dapat langsung menuju terminal angkutan shalawatnya masing-masing.

Harga Sewa

Fauzin menjelaskan bahwa di tempat layanan kursi rodavada petugas haji Sektor Khusus Masjdil Haram yang bersiap 24 jam untuk melayani jemaah. 

Mereka akan memfasilitasi dan mendata, selanjutnya menghubungkan jemaah dengan jasa resmi pendorongan kursi roda Masjidil Haram.

“Petugas haji Sektor Khusus juga akan mendampingi jemaah melakukan transaksi langsung dengan jasa resmi pendorongan kursi roda Masjidil Haram untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan jemaah,” tegasnya.

Harga layanan kursi roda berkisar antara SAR 200 atau sekitar Rp792.411 hingga SAR 250 atau sekitar Rp990.514. Tarif ini juga tergantung situasi sepi atau ramainya pengguna jasa.

WA Center Layanan Kursi Roda

Apabila di terminal tidak terdapat jasa resmi pendorongan kursi roda, lanjut Fauzin, petugas Sektor Khusus akan mencarikan ke dalam Masjidil Haram dan jemaah dapat menunggu.

Terdapat WA Center di nomor +966 503 5000 17, bagi jemaah yang ingin bertanya seputar layanan kursi roda.

“Informasi ini diberikan agar jemaah memahami keberadaan jasa pendorong kursi roda resmi dan terhindar dari praktik percaloan yang kadang jauh lebih mahal dan ada saja oknum yang tidak bertanggung jawab,” terangnya.

Fauzin mengimbau jemaah untuk tidak menggunakan jasa pendorongan yang tidak resmi, dan selalu berkonsultasi terlebih dahulu.

Sumber: Kemenag.go.id

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Arab Saudi Bakal Operasikan Taksi Terbang Angkut Jemaah Haji dan Umroh
Arab Saudi Bakal Operasikan Taksi Terbang Angkut Jemaah Haji dan Umroh

Arab Saudi saat ini sedang membuat persiapan untuk menggunakan taksi terbang sebagai moda transportasi baru selama musim haji.

Baca Selengkapnya
Bagaimana Hukum Meminjam Uang di Bank untuk Modal Usaha dalam Islam? Begini Penjelasan Buya Yahya
Bagaimana Hukum Meminjam Uang di Bank untuk Modal Usaha dalam Islam? Begini Penjelasan Buya Yahya

Ada dua jenis bank, yakni konvensional dan syariah. Di samping itu, tidak menutup kemungkinan terjadinya riba yang sangat dilarang Islam.

Baca Selengkapnya
Indonesia Dapat 20 Ribu Tambahan Kuota Haji 2024, Ini Pembagiannya
Indonesia Dapat 20 Ribu Tambahan Kuota Haji 2024, Ini Pembagiannya

Yaqut menyebutkan, jemaah reguler dan khusus masing-masing akan mendapatkan tambahan kuota 10.000.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.