Jelang Puncak Haji, PPIH Kebut Persiapan di Arafah, Mina, dan Muzdalifah

Reporter : Ahmad Baiquni
5 Agustus 2019 17:59
Persiapan di Arafah, Mina dan Muzdalifah mencapai 70 persen.

Dream - Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Arab Saudi tengah bersiap menyambut puncak haji. Mereka sibuk memasang tanda nomor pada 5.500 tenda di Arafah, Mina, dan Muzdalifah, untuk memudahkan para jemaah haji Indonesia.

" Kita akan pasang tanda nomor ini pada 5.500 tenda, terdiri dari 1.825 tenda di Arafah, 3.675 tenda di Mina," ujar Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis, dikutip dari kemenag.go.id.

Menurut Sri Ilham, tanda nomor ditempatkan pada stiker yang ditempelkan di empat sisi tenda. " Jadi, total ada 22 ribu stiker yang akan kami pasang," kata dia.

Stiker tersebut memuat tiga informasi, yaitu nomor tenda, nomor kloter, serta kapasitas. Menurut Sri Ilham, penempelan nomor pada tahun ini berbeda dari sebelumnya.

" Kalau biasanya penempelan nomor ini dilakukan oleh Muassasah tanpa kita ketahui jumlah kapasitasnya, maka tahun ini karena kita telah melakukan konfigurasi, jadi sejak awal sudah diketahui berapa jumlah jemaah yang akan berada dalam tiap tenda," kata dia.

Persiapan di Arafah dan Mina, kata dia, sejauh ini sudah 70 persen. Pihaknya kini tengah mengejar penyiapan sejumlah fasilitas lain seperti AC dalam tenda yang dijadwalkan terpasang dalam dua hari ke depan.

" Untuk listrik pun diharapkan secepatnya selesai. Persiapan instalasi air maupun toilet di Arafah pun telah selesai," ucap dia.

Kepala Seksi Akomodasi Mekah, Abduh Dhiyaurrahman mengatakan AC yang dipasang di tenda memiliki bobot 12 ton dan 25 ton. Kapasitasnya mencapai 56 PK untuk bobot 12 ton dan 118 PK untuk 25 ton.

" Pemasangannya menyesuaikan luas tenda, dan penyalur udara ini dapat diputar 180 derajat sehingga dapat disesuaikan arah anginnya ingin ke mana," kata Abduh.

Beri Komentar