Ini Besaran Denda untuk Jemaah Haji

Reporter : Maulana Kautsar
5 Agustus 2018 16:19
Selain gerai-gerai itu, rencananya PPIH akan menyosialisasikan aturan pembayaran dam dengan membuat spanduk pengumuman dan surat edaran.

Dream – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi akhirnya mengumumkan besaran dam atau denda untuk jemaah haji. Pengumuman ini dikeluarkan setelah panitia haji melakukan pertemuan dengan Islamic Development Bank (IDB) dan kantor pos Arab Saudi.

Alhamdulillah tadi kami bahas bersama-sama dengan pelaksanaan di lapangan seperti apa,” kata Kepala PPIH Ahmad Dumyati Basori, di Mekah, Sabtu 4 Agustus 2018.

“ Tentu juga disampaikan oleh bapak pengendali, bapak direktur pengelola keuangan haji disampaikan tadi harganya adalah 475 riyal (sekitar Rp1,8 juta) untuk satu kupon,” tambah dia.

Sebelum resmi dibuka, PPIH dan IDB akan bertukar surat untuk menyelesaikan administrasi. Setelah usai, gerai-gerai pembayar dam akan dibuka di 11 sektor pemondokan di Mekah.

“ Gerai-gerai ini akan kita realisasikan dalam sehari dua hari ini,” ujar dia.

Selain gerai-gerai itu, rencananya PPIH akan menyosialisasikan aturan pembayaran dam dengan membuat spanduk pengumuman dan surat edaran.

“ Sehingga jemaah bisa beli kupon dam ini supaya lebih tertib. Dan ini harus kita segera lakukan sebelum pihak lain mendahului,” ucap dia.

Meski begitu pembayaran dam jemaah haji reguler Indonesia masih bersifat perorangan. Dumyati berharap, ke depannya, pembayaran dapat lebih terorganisasi.

" Ke depan supaya bisa dikoordinir supaya bisa lebih kolektif lagi dan bisa dikerjasamakan lebih awal," ujar dia.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci 

Beri Komentar