Gubernur Mekah Sebut Penyelenggara Haji Indonesia Sukses Tiada Tanding

Reporter : Maulana Kautsar
31 Agustus 2018 16:25
Kementerian Agama menargetkan indek kepuasan haji 2018 naik menjadi 85,00.

Dream – Kementerian Agama (Kemenag) menargetkan indek kepuasan haji 2018 naik menjadi 85,00. Angka ini naik dari indeks tahun sebelumnya yang sebesar 84,85.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia(KJRI) untuk Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, mengatakan, kepuasan tergantung tiga fasilitas yang digunakan jemaah haji.

“ Ada tiga besar yang harus diperhatikan yakni akomodasi, katering, dan transportasi, yang selama ini melayani jamaah,” ujar Hery Saripudin, Kamis 30 Agustus 2018.

Hery optimistis target nilai sebesar 85,00 tercapai karenaa melihat kepuasan jemaah dan didukung 10 inovasi terbaru Kementerian Agama untuk pelayanan haji.

Sementara, Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah, Nizar Ali, optimis kepuasan jemaah haji tahun ini meningkat. Sebab, target itu didukung realisasi sepuluh inovasi penyelenggaraan haji yang dilakukan Kemenag.

“ Insya Allah dengan melihat perkembangan yang ada, sepuluh inovasi yang kita lakukan akan berimbas pada kenaikan nilai indeks kepuasan jamaah,” kata Nizar Ali.

Naiknya indeks kepuasan jemaah haji menurutnya cukup beralasan karena para jemaah haji rata-rata menyatakan puas.

Di samping itu, Nizar juga melihat masa kritis fase Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) sudah selesai dan tidak ada insiden yang berarti.

“ Masa kritis sudah dilalui dan seperti yang kita rasakan bersama tidak ada insiden yang berarti, maka bisa disimpulkan haji tahun ini sukses,” kata Nizar.

“ Tadi Pak Dubes (Agus Maftuh Abegebriel) juga menyatakan, Gubernur Mekah menilai tahun ini adalah kesuksesan tiada tanding bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya," kata dia menambahkan.

Perlu dicatat, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat indeks kepuasan jemaah haji meningkat tiap tahun. Tahun 2014 mencapai 81,52, pada 2015 naik menjadi 82,67 dan pada 2016 sebesar 83,83.

Laporan Maulana Kautsar dari Tanah Suci 

Beri Komentar