Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cek Persiapan Arafah, Menag Pastikan Layanan Jemaah Haji Semakin Baik

Cek Persiapan Arafah, Menag Pastikan Layanan Jemaah Haji Semakin Baik Cek Persiapan Arafah, Menag Patikan Pelayanan Jemaah Haji Semakin Baik (Kemenag)

Dream - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meninjau persiapan tenda di Arafah jelang puncak haji 1443 hijriah. Di tempat itulah nantinya jemaah akan melaksanakan wukuf pada tanggal 9 Dzulhijjah atau 8 Juli.

"Hari ini kita sama-sama mengecek Arafah. Alhamdulillah, Arafah siap sambut jemaah. Secara umum, layanan jauh lebih baik di banding sebelumnya. Kamis depan jemaah mulai datang ke sini. Sekarang saya sengaja cek untuk memastikan langsung kesiapan layanan," kata Menang, Selasa 5 Juli 2022.

Ia mengatakan bahwa tenda jemaah saat ini sudah dilengkapi dengan kasur. Jemaah tak perlu khawatir karena dapat beristirahat dengan nyaman.

"Kita cek peningkatan kualitas layanan yang dijanjikan Syarikat atau Muassasah. Tadi kita lihat tenda sudah dilengkapi dengan kasur. Sehingga diharapkan jemaah bisa istirahat dan mendapat posisi lebih nyaman dibanding sebelumnya," ujarnya.

"Kasur yang ditata rapih diharapkan bisa menjadi tempat jemaah, untuk beristirahat, sekaligus juga beribadah dan berzikir selama di Arafah. Semoga ini menambah khidmat dan kekhusyukan mereka dalam beribadah," sambungnya.

Menang juga meminta petugas untuk memasang AC atau pendingin ruangan di setiap tenda. Sebab, suhu yang lebih dingin di tenda akan memberi kenyamanan jemaah dalam beribadah.

"Di sisa waktu yang ada, ini akan terus disiapkan," tuturnya.

Layanan lainnya adalah toilet. Menag menjamin akan menyiapkan toilet lebih banyak untuk untuk jemaah, termasuk toilet portabel. Menurutnya, jumlah toilet yang lebih banyak dapat membantu jemaah agar tidak lama mengantre, baik saat akan mandi, bersuci, maupun buang hajat.

"Saya berharap, toilet portabel juga bisa ditambah untuk jemaah perempuan. Sebab, jumlah jemaahnya lebih banyak dan butuh waktu lebih lama di toilet," ungkapnya.

Menag juga memastikan jemaah akan mendapat layanan katering sebanayk lima kali selama di Arafah. Layanan katering juga diberikan 10 kali saat di Mina, dan satu paket snack di Muzdalifah. Katering akan disiapkan dengan menu Nusantara agar jemaah bisa menikmatinya.

"Kami berusaha memberikan layanan terbaik kepada jemaah agar mereka bisa menjalani rangkaian ibadah puncak haji ini secara nyaman, khidmat, dan khusyuk," ujarnya.

46 Jemaah Furoda Dipulangkan, Menag Beri Sanksi Tegas Travel Haji

Dream - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas merespon adanya 46 WNI yang dipulangkan kembali ke Tanah Air setibanya di Bandara Jeddah karena persoalan visa.

Menag menegaskan sudah seharusnya setiap travel yang menyelenggarakan ibadah haji, apabila tidak sesuai dengan peraturan akan mendapat sanksi tegas. 

“ Travel yang menurut saya tidak menyelenggarakan sesuai dengan apa yang sudah menjadi peraturan, misalnya kemarin kita dengar ada 46 calon jemaah yang dipulangkan, kita akan berikan sanksi yang saya kira paling tegas buat mereka,” tegas Menag usai menjalankan umrah wajib di  Masjidil Haram, Makkah pada Senin, 4 Juli 2022.

Menurut Gus Yaqut sapaan Menag, setiap penyelenggara perjalanan ibadah haji maupun umrah, tidak boleh mempermainkan nasib orang. 

Apalagi bagi mereka yang ingin beribadah, lanjut Menag, bahwa mempermainkan keinginan ibadah orang itu dosa besar.

“Kita akan berikan sanksi yang tepat untuk mereka,” jelas Menag.

Diketahui, sebanyak 46 WNI sempat tertahan di imigrasi Arab Saudi setibanya mereka di Jeddah, Kamis, 30 Juni 2022, dini hari. 

Mereka berangkat ke Arab Saudi dengan penerbangan reguler, dan mendarat di Bandara Internasional Jeddah. Mereka tidak lolos proses imigrasi setelah diketahui bahwa visa yang dibawa tidak ditemukan dalam sistem imigrasi Arab Saudi.

Menurut pengakuan pihak travel, mereka menggunakan visa dari Singapura dan Malaysia untuk memberangkatkan 46 WNI tersebut

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tahun Ini Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah Haji

Tahun Ini Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah Haji

Selain kuota haji yang semakin banyak, terdapat peningkatan layanan haji lainnya.

Baca Selengkapnya
Jemaah Haji Meninggal Bisa Klaim Asuransi hingga Rp135 Juta

Jemaah Haji Meninggal Bisa Klaim Asuransi hingga Rp135 Juta

Bagi jemaah yang mengalami catat karena kecelakaan akan menerima asuransi 2,6 persen hingga 100 persen BIPIH.

Baca Selengkapnya
Kabah Ditutup Pagar dan Tak Bisa Disentuh Jemaah untuk Sementara

Kabah Ditutup Pagar dan Tak Bisa Disentuh Jemaah untuk Sementara

Pihak berwenang belum memberikan waktu dan tanggal pasti kapan pemeliharaan selesai.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Calon Jemaah Haji Harus Periksa Kesehatan untuk Penuhi Syarat Istitaah

Calon Jemaah Haji Harus Periksa Kesehatan untuk Penuhi Syarat Istitaah

Diimbau melakukan istithaah kesehatan terlebih dahulu. Hal ini diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 83 Tahun 2024.

Baca Selengkapnya
Kemenag Perpanjang Masa Pelunasan Bipih Tahap 1 hingga 23 Februari 2024

Kemenag Perpanjang Masa Pelunasan Bipih Tahap 1 hingga 23 Februari 2024

Kemenag Perpanjang Masa Pelunasan Bipih Tahap 1 Hingga 23 Februari 2024

Baca Selengkapnya
Keberatan Pajak Hiburan Naik 40-75%, Inul Daratista: Kalian Bukan Wakil Rakyat

Keberatan Pajak Hiburan Naik 40-75%, Inul Daratista: Kalian Bukan Wakil Rakyat

Inul Daratista berharap pemerintah memperhatikan penderitaan rakyat kecil jika pajak benar-benar naik.

Baca Selengkapnya