Waspada! Ini Ciri Pelaku dan Modus Penipuan di Masjidil Haram

Reporter : Maulana Kautsar
3 Agustus 2018 07:20
Panitia haji membentuk tim khusus untuk membongkar praktik penipuan yang menimpa jemaah asal Indonesia.

Dream - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) membentuk tim khusus untuk membongkar praktik penipuan yang menimpa jemaah asal Indonesia. Tim ini melakukan 'operasi senyap' untuk membekuk para pelaku penipuan itu.

" Kami adakan operasi senyap untuk menangkap para pelaku," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Mekah, Endang Jumali, Kamis 2 Agustus 2018.

Menurut Endang, tim khusus ini beroperasi di sekitar Masjidil Haram. " Tim itu akan melakukan investigasi," ucap dia.

Berdasar investigasi itu, tim khusus mengetahui modus operandi para pelaku penipuan terhadap para jemaah ini. Salah satunya berpura-pura menawarkan bantuan.

Menurut Endang, para pelaku kerap berkamuflase menggunakan seragam petugas haji. " Padahal, itu seragam tahun-tahun sebelumnya," ujar dia.

Setiap tahun, PPIH Arab Saudi selalu mengganti seragam petugas haji. Setiap petugas selalu mendapat Id Card (kartu identitas) yang harus dikenakan selama bertugas.

Endang mengatakan, para penipu juga ada yang mengenakan gelang haji bikinan tahun lalu. " Karena itu, sosialisasi ke jemaah sangat penting. Jemaah harus mengenali ciri-ciri petugas yang legal dan tidak," ucap dia.

Agar kasus penipuan tak terulang, PPIH menempatkan petugas di setiap hotel jemaah haji. Selain membantu jemaah, petugas itu bertugas mencegah masuknya penyusup ke hotel dengan modus mengaku sebagai kerabat jemaah haji.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

Beri Komentar