Begini Cara Petugas Haji Indonesia Agar Jemaah Tak Tersesat

Reporter : Maulana Kautsar
23 Juli 2018 11:50
Petugas kloter dapat menunggu jemaahnya di pos-pos yang tersedia di pintu 21, 15, 6, dan 37.

Dream - Kepala Daerah Kerja Madinah, Muhammad Khanif, mengaku telah menyiapkan empat pos jaga di Masjid Nabawi. Petugas di pos tersebut bakal berjaga untuk menghindari kemungkinan jemaah haji Indonesia tersesat saat hendak pulang ke pemondokan.

" Ketua kloter atau perangkat kloter yang sholat di Masjid Nabawi dapat singgah di pos-pos yang telah kami tetapkan," kata Khanif di Madinah, Minggu, 22 Juli 2018.

Empat pos itu berlokasi di pintu 21, 15, 6, dan 37. Pada empat pos itu, petugas kloter dapat menunggu jemaah rombongannya. Jika menemui jemaah tersesat, petugas dapat mengantar pulang ke pemondokan.

Selain itu, di pos-pos tersebut telah ditempatkan sandal pengganti. Upaya ini untuk mengantisipasi banyaknya jemaah yang mengalami kehilangan sandal. " Di pos-pos itu sudah kami tempatkan sandal pengganti dan snack juga," ujar dia.

Ajakan yang ditujukan pada petugas kloter itu tak lain agar peran petugas kloter dapat terlihat. Selain itu, cara tersebut dibuat untuk meningkatkan pelayanan jemaah haji.

Sebab, kata dia, jumlah petugas yang ada di sektor atau daker terhitung kurang. " Kita bayangkan kalau 81 kloter, bisa kita bagi berapa jumlah petugas yang akan ada di situ?" ucap Khanif.

" Kalau dua (kali lipat) saja sudah ada 162 orang yang membantu jemaah untuk pulang ke hotel masing-masing," kata dia melanjutkan.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Madinah

Beri Komentar