Cara Mudah Menghafal Pintu Masjidil Haram

Reporter : Maulana Kautsar
29 Juli 2018 10:39
Ternyata ada triknya agar tak lupa pintu masuk Masjidil Haram

Dream - Sebagian jemaah haji Indonesia sudah mulai berdatangan ke Mekah, Arab Saudi. Serangkaian ibadah telah menunggu paraa Tamu Allah SWT. Salah satu lokasi paling dituju tentu saja Masjidil Haram. 

Sayang, tak semua jemaah haji membekali pengetahuan cukup banyak tentang masjid terbesar di dunia ini. Tersesat setelah menjalankan sholat atau tawaf mengelilingi kabah adalah hal yang banyak terjadi. 

Memasuki Masjidil Haram memang butuh fisik sekaligus daya ingat yang kuat. Bagaimana tidak? Masjidil Haram memiliki 4 pintu utama dan 45 pintu biasa. Secara keseluruhan akses menuju kawasan Kabah ini berjumlah 120 pintu.

Cara satu-satunya agar jemaah haji tak mudah tersesat adalah mengingat peta Masjidil Haram. Terutama, nama pintu-pintunya yang jumlahnya tak sedikit.

Kepala Sektor XII atau sektor khusus (seksus) daerah kerja Makkah, Arab Saudi, Slamet Budiono menyarankan jemaah haji yang baru datang harus mengenali setiap pintu yang akan digunakannya agar tak mengalami kebingungan di Masjidil Haram. 

" Bagi yang baru masuk Masjidil Haram, ingat-ingatlah dimana pintu masuknya. Kan ada nomor dan nama pintu masjid," kata Slamet di Mekah.

Selain menghafal, dia menyarankan jemaah dapat saling menunggu jemaah lainnya dalam satu rombongan ketimbang saling meninggalkan.

" Tentukan di mana ketemuan kalau sudah selesai. Yang paling gampang biasanya di bawah tanda lampu hijau, tanda dimulai dan diakhirinya tawaf," ujar dia.

Jemaah haji yang baru pertama kali mengunjungi Kabah, pintu seperti Fateh Gate, King Fahd Gate, King Abdul Aziz, atau King Abdullah harus tertanam di dalam kepala.

(Sah)

 

Beri Komentar