Butuh Obat Saat di Bir Ali, Jemaah Haji Bisa Temui Petugas Ini

Reporter : Maulana Kautsar
27 Juli 2018 13:08
Para petugas kesehatan Arab Saudi itu berjaga-jaga di bagian dalam kompleks Masjid Bir Ali. Dekat tempat wudu.

Dream – Jemaah haji yang melakukan perjalanan dari madinah ke Mekah dalam kondisi sakit tak perlu khawatir. Sebab, selain ada Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) dan Tenaga Kesehatan Haji Daerah (TKHD), di Bir Ali tersedia layanan obat gratis dari Kerajaan Arab Saudi.

“ Khususnya untuk jemaah Indonesia, ada obat sakit kepala, sakit perut, dan sebagainya,” kata Hasan, seorang tenaga medis Arab Saudi di Bir Ali, Kamis 26 Juli 2018.

Para petugas kesehatan Arab Saudi itu berjaga-jaga di bagian dalam kompleks Masjid Bir Ali. Dekat tempat wudu. Pakaian petugas kesehatan Arab Saudi dapat dikenali dengan pakaian berwarna hijau.

Hasan mengaku secara khusus ditugaskan Kementerian Kesehatan Arab Saudi untuk membantu jemaah di Bir Ali. Dikutip dari Arab News, Kementerian Kesehatan Arab Saudi menyebut layanan kesehatan untuk jemaah haji merupakan bagian dari rencana pengawasan, remedial, dan darurat.

Di beberapa lokasi, Pusat Monitoring Kesehatan di Bandara Internasional King Abdulazis, Jeddah, telah menyelesaikan pelatihan untuk staf, termasuk dokter, staf, dan teknisi. Misinya, untuk mencegah dan mengobati penyakit menular di Arab Saudi, dan untuk memantau kesehatan para jemaah haji.

Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi juga mempersiapkan layanan darurat untuk para peziarah di Masjidil Haram di Mekah dan semua jalan menuju ke kota, serta tempat-tempat suci lainnya selama ziarah. Bulan Sabit Merah Saudi juga bersiap melayani tamu Masjid Nabawi di Madinah.

Sekitar 2.631 individu, termasuk dokter, spesialis, administrator dan teknisi akan bekerja secara bergantian di Mekah dan Madinah untuk melayani para peziarah tahun ini.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci 

Beri Komentar