Bus Jemaah Haji Dijamin Tak Mogok Lagi

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
26 Juli 2018 10:20
Kementerian Agama, kata Lukman, telah membuat aturan bus yang digunakan jemaah haji Indonesia maksimal berusia tiga tahun.

Dream – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, memastikan armada bus yang dipakai mengangkut jemaah calon haji Indonesia dari Madinah ke Mekah masih berusia muda. Sehingga, diharapkan tidak ada bus yang mogok seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kementerian Agama, kata Lukman, telah membuat aturan bus yang digunakan jemaah haji Indonesia maksimal berusia tiga tahun. Selain itu, bus juga harus dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang baik.

“ Semuanya dilengkapi dengan peralatan standar, harus ada AC, harus ada toilet di dalamnya, bagasinya yang cukup, dan seterusnya,” ucap Lukman di Jakarta, Rabu 25 Juli 2018.

Jemaah haji Indonesia akan bergerak dari Madinah ke Mekah mulai Kamis 26 Juli 2018. Untuk memperlancar perjalanan ibadah itu, Kemenag memastikan bus-bus itu dalam kondisi baik. “ Jadi apalagi ini rute jauh dari Madinah ke Mekah sebaliknya dari Mekah ke Madinah,” kata Lukman.

Pada kesempatan itu pula Lukman bersyukur karena jemaah calon haji tidak lagi harus mengantre di imigrasi bandara kedatangan di Arab Saudi. Sebab, proses imigrasi telah dilakukan saat jemaah masih berada di tanaah air.

Dulu, butuh waktu lima hingga tujuh jam untuk proses imigrasi di Saudi. “ Tapi sekarang satu kloter itu bisa satu jam, mudah-mudahan ini dari sisi waktu menghemat stamina jemaah kita,” tambah Lukman. 

Beri Komentar