Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Berpakaian Ihram, Rombongan Jemaah Haji Indonesia Mulai Berdatangan ke Arafah

Berpakaian Ihram, Rombongan Jemaah Haji Indonesia Mulai Berdatangan ke Arafah Rombongan Jemaah Haji Indonesia Mulai Berdatangan Ke Arafah (Kemenag)

Dream - Rombonga jemaah haji Indonesia sudah mulai diberangkatkan menuju Arafah, Kamis 7 Juli 2022. Bus rombongan pertama yang ditumpangi jemaah dari LOP6 dan JKG29 tiba di Arafah sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

Para jemaah selanjutnya memasuki tenda yang sudah disediakan yang berada di Maktab 1. Terlihat para jemaah senang melihat tenda sudah disediakan untuk beristirahat.

"Alhamdulillah. Semua fasilitas sesuai harapan kami. Tidak ada kekurangan. Alhamdulillah. Ini Kenikmatan dari Allah," kata salah seorang jemaah haji, Zaenal Muttaqien.

Sementara itu, pantauan Tim MCH (Media Center Haji) Arafah, Kamis pagi, seluruh fasilitas sudah siap digunakan jemaah haji Indonesia. Rata-rata satu tenda terpasang enam pendingin ruangan dengan suplai listrik dari PLN Saudi.

Selain karpet, jemaah juga dibuat nyaman dengan adanya kasur dan bantal di dalam tenda. Dengan kasur, jemaah diharapkan bisa beristirahat dengan baik.

Tenda-tenda juga telah ditandai nama kloter dan asal. Untuk satu maktab, terdapat 8-9 tenda. Di tenda berukuran 10x25, akan diisi lebih kurang 234 jemaah. Di tiap maktab juga dilengkapi sejumlah kamar kecil terpisah untuk laki-laki dan perempuan.

Begitu juga toilet jemaah. Jika tahun sebelumnya jumlah toilet per maktab hanya 21, sekarang diperbanyak menjadi 38. Juga ada tambahan toilet portabel sehingga mampu mengurangi antrean toilet, khususnya di toilet perempuan.

Sementara itu, Kasi PAM Arafah, Miskat mengatakan, Satgas Arafah mengerahkan sekitar 127 personel. Di mana mereka nantinya akan dibagi di lima posko yang telah disiapkan.

"Ada dua sektor. Satu sektor dibagi dua. Sehingga dua sektor menjadi empat. Satu sektor diambil dari sekretariat yang ada di Daker untuk menempati posko yang disiapkan," ujarnya.

Jemaah Haji Dapat Makanan Basi, Menag: Diganti Uang 15 Riyal

Dream - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan jemaah haji akan mendapatkan makanan ganti jika yang disediakan basi atau diganti uang 15 Riyal, yakni sekitar Rp59.960.

" Apapun alasannya kalau mereka tidak makan harus diganti. Kalau tidak sempat masak lagi, diganti yang 15 Riyal atau mi seduh yang senilai itu," ujar Menag Yaqut.

Yaqut menjelaskan, setiap makanan yang diberikan mempunyai masa berlaku. Misalnya makan pagi dapat dimakan sampai pukul 11.00, makan siang sampai pukul 17.00 dan makan malam sampai pukul 23.00.

Karena itu, kata dia, kemungkinan jemaah haji yang mendapat makanan basi karena sudah melewati jam makannya.

"Ada jemaah yang telat makan, karena makanan ada expired-nya sudah ditentukan mungkin dia ke masjid belum sempat makan jadi makanan basi," ujarnya.

Dia mengatakan, ada perbedaan layanan konsumsi musim haji tahun ini dibandingkan sebelumnya, karena jemaah mendapatkan tiga kali makan, sedangkan sebelumnya hanya dua kali.

"Di Madinah, jemaah mendapatkan makan sebanyak 27 kali selama sembilan hari, kemudian selama 25 hari di Makkah mendapatkan sebanyak 75 kali makan," tutur Yaqut.

Sementara itu, jemaah calon haji Indonesia tak perlu khawatir soal makanan selama puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Selama masa Masyair di Arafah, Muzdhalifah dan Mina, jemaah mendapatkan sebanyak 16 kali.

Sumber: Liputan6.com

Jemaah Haji Tak Perlu Khawatir, 3 Hari Jelang Armuzna Tetap Dapat Katering

Dream - Puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) tinggal sepekan. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memastikan jemaah haji Indonesia tetap akan mendapatkan katering lengkap dengan buah dan minum hingga pelaksanaan puncak haji di Armuzna.

Dengan begitu, jemaah tidak perlu mencari makanan di luar, karena tetap disediakan panitia. Diketahui, ibadah Armuzna akan dimulai dengan wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijjah atau bertepatan dengan hari Jumat, 8 Juli 2022.

" Ada perbedaan dengan tahun sebelumnya. Jadi jemaah haji tahun ini, tiga hari menjelang Armuzna itu tetap mendapatkan katering," kata Kepala Daker Makkah Mukhammad Khanif di Syisah-Mekah.

Perusahaan katering yang melayani di hotel, baru akan menghentikan jatah makan setelah jemaah berada di Armuzna. Nantinya jemaah haji akan dilayani oleh Muasasah Asia Tenggara.

Menu Tetap Memiliki Cita Rasa Nusantara

“Nanti (selama Armuzna) jemaah akan dilayani (konsumsinya) oleh Muasasah Asia Tenggara, mulai sejak jemaah tiba di Armuzna sampai nanti kembali lagi ke hotel di Mekkah. Jadi jatah makan sebenarnya bukan berhenti, hanya berganti saja" jelas Khanif.

Katering yang dikelola Muasasah Asia Tenggara akan diberikan pada jemaah yang berada di Armuzna sejak 8 sampai 13 Zulhijah.

"Sama (katering dalam kemasan), menunya sesuai dengan kita. (Menu) Sudah kita kirim ke Muasasah dan bersedia Muassasah," katanya.

Selain itu, Khanif memastikan pihak Muasassah menyanggupi permintaan PPIH terkait menu yang disajikan untuk jemaah. Menu yang dibuat nantinya  memiliki citarasa nusantara atau seperti menu saat berada di hotel. 

"Iya kita harapkan (menu) seperti itu. Total ada 16 kali makan selama Armuzna. Jemaah enggak usah khawatir," tutup Khanif.

Sumber: Merdeka.com

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jadwal Lengkap Perjalanan Haji 1445 H, Kloter Pertama Berangkat 12 Mei 2024
Jadwal Lengkap Perjalanan Haji 1445 H, Kloter Pertama Berangkat 12 Mei 2024

Jadwal Perjalanan Haji 2024, Kloter Pertama Berangkat 12 Mei 2024

Baca Selengkapnya
Jemaah Haji Gelombang I Berangkat Mulai 12 Mei 2024, Ini Jadwal Lengkapnya
Jemaah Haji Gelombang I Berangkat Mulai 12 Mei 2024, Ini Jadwal Lengkapnya

Akan ada dua gelombang keberangkatan jemaah menuju Tanah Suci

Baca Selengkapnya
Tahun Ini Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah Haji
Tahun Ini Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah Haji

Selain kuota haji yang semakin banyak, terdapat peningkatan layanan haji lainnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bikin Terharu! Penumpang Kelaparan Masih dalam Perjalanan Mudik di Hari Pertama Lebaran, Sopir Bus Ajak Makan di Rumah Mertuanya
Bikin Terharu! Penumpang Kelaparan Masih dalam Perjalanan Mudik di Hari Pertama Lebaran, Sopir Bus Ajak Makan di Rumah Mertuanya

Jadi ceritanya para penumpang bus Borlindo rute Palu-Makassar masih dalam perjalanan mudik di hari pertama Lebaran.

Baca Selengkapnya
Jemaah Indonesia Tak Lagi Ditempatkan di Mina Jadid saat Puncak Haji 2024
Jemaah Indonesia Tak Lagi Ditempatkan di Mina Jadid saat Puncak Haji 2024

Pemerintah telah menemukan lokasi pengganti yaitu di sekitar tenda jemaah haji Asia Tenggara.

Baca Selengkapnya
Mudik Gratis Jasa Raharja Dibuka untuk Bus hingga Kereta Api, Ini Cara Daftar dan Rutenya
Mudik Gratis Jasa Raharja Dibuka untuk Bus hingga Kereta Api, Ini Cara Daftar dan Rutenya

PT Jasa Raharja menargetkan sebanyak 80.215 pemudik

Baca Selengkapnya