Berburu Hewan Ternak di Mekah untuk Bayar Denda Haji

Reporter : Maulana Kautsar
24 Juli 2019 15:16
Dengan membayar Rp1,2 juta jemaah sudah bisa mendapat kambing untuk membayar dam.

Dream - Jelang musim haji pasar hewan ternak di Mekah, Arab Saudi, ramai pembeli. Selain Pasar Kakiyah, terdapat pasar An'am. Pasar An’am baru dua bulan mulai beroperasi.

Pasar ini berlokasi di wilayah Kilo Asyaro, KM 10, Kota Mekah. Untuk mencapai lokasi Pasar An’am ini jemaah haji dapat menempuh perjalanan selama kurang lebih 45 menit dari Kantor Urusan Haji Indonesia, di Syisyah, Mekah.

Pasar An’am merupakan salah satu dari tiga pasar ternak yang ada di Mekah. “ Ada tiga pasar hewan di Makkah. Pertama di daerah Muasyim dekat Mina, di Akasiyah, dan ketiga di sini. Kalau pasar Kakiyah, sudah tutup,” kata penjaga keamanan pasar, Sulthan ke tim MCH 2019.

Seperti halnya pasar Kakiyah, untuk memudahkan transaksi mencari hewan ternak untuk membayar dam, jemaah haji Indonesia dapat meminta kenalan yang bisa berhasa Arab.

 Pasar An'am di Mekah

Pasar An'am di Mekah

Selama musim haji nanti diperkirakan banyak jemaah haji yang akan mengunjungi pasar ini, termasuk jemaah haji Indonesia. Mayoritas jemaah haji Indonesia melaksanakan haji tamattu’, yaitu rangkaian pelaksanaan ibadah haji yang mendahulukan umrah ketimbang haji.

Maka, usai melaksanakan umroh wajib, jemaah berkewajiban untuk membayar dam nusuq berupa penyembelihan hewan ternak minimal satu ekor kambing.

Salah satu penjual menjual kambing mulai dari 280 SAR dan 20 SAR untuk ongkos potongnya. Total, biaya membayar dam itu artinya Rp1,2 juta. 

Beri Komentar