Begini Cara Agar Koper Berisi Air Zamzam Tak Dibongkar Petugas Haji

Reporter : Eko Huda S
29 Agustus 2018 12:49
Sejumlah koper milik jemaah haji Indonesia harus dibongkar oleh petugas maskapai karena berisi air zamzam dan kelebihan beban.

Dream - Sejumlah koper milik jemaah haji Indonesia harus dibongkar oleh petugas maskapai karena berisi air zamzam dan kelebihan beban. Tapi, sebenarnya ada solusi agar koper para jemaah yang berisi air zamzam itu tidak dibongkar dan sampai di Tanah Air.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekah, Endang Jumali, mempersilakan jemaah memanfaatkan jasa kargo, baik melalui jalur udara maupun laut untuk pengiriman barang lebih. Cara ini merupakan alternatif bagi jemaah yang ingin membawa banyak oleh-oleh dari Tanah Suci.

“ Setidaknya dari sepekan sebelum keberangkatan barang-barang sudah dikirim. Jadi ketika jemaah sampai ke kampung halaman, barang kiriman juga sudah sampai,” kata Endang, dikutip dari laman haji.kemenag.go.id, Rabu 29 Agustus 2018.

Kargo, sambung Endang, akan menerima jasa pengiriman benda padat maupun cair, seperti pakaian, makanan, air zamzam, dan barang pecah-belah. Air zamzam merupakan bawaan kesukaan jemaah haji.

Sejak awal pemeriksaan koper sebelum dikirim ke bandara untuk dimasukkan bagasi, jemaah banyak yang nekat membawa muatan berlebih, seperti air zamzam. Ada juga barang yang melebihi muatan lainnya, seperti pakaian, makanan, dan berbagai aksesoris pakaian.

2 dari 2 halaman
Beri Komentar