Bawa Banyak Obat & Uang Ratusan Juta, Jemaah Haji Indonesia Tertahan di Bandara

Reporter : Maulana Kautsar
10 Agustus 2018 18:14
Selain jemaah perempuan yang tak disebut namanya itu, ada pula calon haji lain yang diketahui membawa uang Rp80 juta.

Dream – Jemaah calon haji asal Medan yang tergabung dalam kelompok terbang MES18 tertahan di Bandara King Abdulaziz, Jeddah, Arab Saudi. Dia mengalami masalah bea cukai karena membawa obat-obatan dan uang dalam jumlah banyak.

" Ada masalah di bea cukai karena ibu-ibu dari MES-18 selain banyak obat-obatan juga di dalam tasnya ditemukan uang pecahan 100an sebesar Rp100 juta," ujar Kepala Daker Bandara, Arsyad Hidayat, di Jeddah, Jumat 10 Agustus 2018.

Selain jemaah perempuan yang tak disebut namanya itu, ada pula calon haji lain yang diketahui membawa uang Rp80 juta. Menurut Arsyad, dua jemaah itu dimintai keterangan, sehingga teman-teman lainnya harus menunggu di plaza.

" Meskipun masalah bisa diselesaikan oleh tim penghubung di bandara, tapi kejadian ini tidak boleh terulang," kata Arsyad.

Usai dimintai keterangan dan melalui proses negosiasi, uang jemaah telah dikembalikan utuh. Selain uang, petugas bea cukai Bandara King Abdulaziz juga menyita rokok dalam jumlah lebih dari 200 batang.

Atas peristiwa itu, petugas bea cukai bandara King Abdulaziz meminta Arsyad menyosialisasikan kebijakan yang melarang jemaah membawa uang dalam jumlah besar.

" Kami harapkan jemaah tidak mencoba-coba melanggar ketentuan. Selain berdampak secara individu hal seperti juga merugikan jemaah lain yang harus menunggu lebih lama," ujar Arsyad.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci 

Beri Komentar