Alasan Jemaah Haji Tak Gelar Perayaan Kemerdekaan

Reporter : Maulana Kautsar
17 Agustus 2018 16:18
Meski tak melakukan upacara hari kemerdekaan, antusiasme jemaah haji Indonesia masih menggelora.

Dream - Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus tak dapat dirasakan secara penuh oleh jemaah haji Indonesia di tiap pemondokan.

Kondisi ini karena kegiatan upacara sudah diwakilkan secara resmi di Kedutaaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI).

" Sedianya kita akan mengadakan upacara khusus, tapi karena ini di negara orang, maka atas masukan dari berbagai pihak maka sebaiknya kita tidak lakukan upacara 17 Agustus itu karena secara resmi itu sudah dilakukan di KJRI dan KBRI kita," ujar Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, di Mekah, Jumat, 17 Agustus 2018.

Meski tak melakukan upacara hari kemerdekaan, antusiasme jemaah haji Indonesia masih menggelora. Lukman menjadi saksi jemaah haji Indonesia menyanyikan lagu `Indonesia Raya` dan `17 Agustus`secara spontan.

" Saya merasa bahagia karena keindonesiaan jemaah haji kita tetap terjaga," ucap dia.

Lukman berharap, semangat kemerdekaan itu tetap tertanam dalam diri jemaah haji Indonesia. Sehingga dengan kemerdekaan yang dimiliki dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara.

Meski tak upacara khusus, jemaah haji Indonesia menyempatkan merayakan lomba 17 Agustus. Jemaah haji asal Lombok, Riau, di Hotel Rizq Palace mengikuti perlombaan yang digelar pihak hotel pada Rabu, 15 Agustus 2018.

Beri Komentar