51 Ribu Jemaah Haji Indonesia Sudah Berada di Madinah

Reporter : Maulana Kautsar
25 Juli 2018 15:18
Hingga Rabu pagi, total jemaah haji meninggal ada 5 orang.

Dream - Sebagian besar jemaah haji Indonesia gelombang pertama sudah berada di Madinah, Arab Saudi. Hingga pagi hari ini, Rabu, 25 Juli 2018, sebanyak 51.665 jemaah haji Indonesia dari 128 kloter bersama 640 petugas sudah ada di Madinah.

Hingga hari kesembilan keberangkatan gelombang pertama, terdapat lima jemaah haji meninggal dunia. Pada Selasa kemarin, dua jemaah haji meninggal.

Jemaah pertama atas nama Sunarto Sueb Sahab. Sunarto meninggal di kamar Hotel Ramada Al Hamra, Sektor 2.

Jemaah asal Solo itu memiliki penyakit hipertensi atau darah tinggi. Dia meninggal usai diperiksa oleh petugas kesehatan haji Indonesia.

Jemaah lainnya yang meninggal atas nama Siti Aminah Rasyib, asal Embarkasi Solo, Jawa Tengah. Aminah meninggal karena sakit.

Setelah keluar akta kematian dari pihak rumah sakit, rencananya kedua jenazah langsung dimakamkan di tempat pemakaman umum haji Arab Saudi.

Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah hingga Selasa kemarin mencatat ada 124 jemaah haji Indonesia menjalani perawatan medis. Dari total itu, 41 orang dirawat inap, 7 orang dirujuk ke Rumah Sakit King Fahd, 5 orang penderita demensia dan sisanya telah kembali ke pondokan.

Sementara ini pasien yang dirawat karena mengalami dehidrasi, jantung, hemorroid, diabetes millitus, hipertensi, infeksi bakterial, asma, penyakit paru obstruktif, dan dispepsia syndrome.

Rencananya, sebagian jemaah yang sudah sembilan hari di Madinah bergerak ke Mekah pada Kamis, 26 Juli 2018.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

 

 

Beri Komentar