Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

204 Bus Sholawat Siap Antar Jemput Jemaah Haji Indonesia, Cek Rutenya di Sini

204 Bus Sholawat Siap Antar Jemput Jemaah Haji Indonesia, Cek Rutenya di Sini Bus Shalawat (Foto: Kemenag.go.id)

Dream - Jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan dari Madinah menuju Mekah pada Minggu, 13 Juni 2022. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah menyiapkan layanan bus sholawat yang akan mengantar jemaah dari hotel di Mekah menuju Masjidil Haram.

Bus sholawat dapat mengantarkan jemaah pergi pulang (PP) dan beroperasi selama 24 jam secara shuttle untuk memudahkan jemaah dalam menjalani ibadah.

"Layanan ini disiapkan untuk jemaah selama di Mekkah. Mereka tidak perlu mengeluarkan biaya lagi," kata Kepala Daker Mekkah, Muhammad Khanif, dalam keterangannya, dikutip Senin 13 Juni 2022.

Bus sholawat tersebut telah dipasang stiker bertuliskan ‘Indonesia’. Menurut Khanif, ada 204 bus yang disediakan pada musim haji 1443 H/2022 M. Bus ini akan dioperasikan secara bertahap sesuai dengan rasio jumlah jemaah yang telah tiba di Mekkah.

"Bus Shalawat beroperasi 24 jam. Pada posisi puncak, saat seluruh jemaah sudah di Makkah, 204 bis shalawat siap antar jemput jemaah Indonesia dari hotel ke Masjidil Haram," tegasnya.

 

Kenali Bus Shalawat dengan 5 Rutenya

Ada lima rute bus shalawat sesuai wilayah hotel jemaah. Kemudian untuk memudahkan jemaah mengenali bus, setiap bus dipasang stiker dengan desain dan warna yang berbeda-beda. Stiker itu berisi informasi rute, nomor rute, dan warna rute. 

Stiker rute Mahbas Jin - Bab Ali berwarna putih dengan nomor 1. Rute Syisyah - Syib Amir warna biru dengan nomor 2. Rute Raudhah - Syib Amir stiker warna hijau dengan nomor 3. Rute Jarwal - Syib Amir warna hitam dengan nomor 4. Terakhir, rute Misfalah - Jiad, stiker warna coklat dengan nomor 5.

"Format stiker ini dibuat untuk memudahkan jemaah. Jika ada jemaah yang tidak bisa membaca tulisan rute, bisa mengingat nomor atau warna," kata Kasi Transportasi Daker Makkah Asep Subhana.

"Setiap jemaah juga dibekali kartu yang sama dengan stiker bus salawatnya," sambungnya.

Sumber: Kemenag.go.id

 

Jemaah Haji Wajib Tahu! Barang Tertinggal di Masjid Nabawi, Begini Cara Lapornya

Dream - Selama di Madinah, ada saja jemaah yang barangnya tertinggal di Masjid Nabawi. Namun kini tidak perlu khawatir. Daker Madinah sudah menunjuk petugas yang akan mengurus barang-barang jemaah yang tertinggal saat berada di Masjid Nabawi.

Sekretaris Daker Madinah, Abdullah MT, mengatakan bahwa petugas tersebut sudah dibekali surat resmi tidak setiap orang bisa mengambil barang yang ditemukan di Masjid Nabawi dan tidak diketahui pemiliknya.

“ Jika tidak ada surat resmi menjadi petugas yang khusus mengamankan barang-barang tanpa pemilik, bisa diamankan oleh pihak keamanan Arab Saudi. Dikira telah mencuri barang milik orang lain,” kata Abdullah di Madinah, Senin 13 Juni 2022.

Menurutnya, saat ini penugasan tersebut baru diberikan kepada petugas perempuan untuk mengurus barang-barang jemaah perempuan yang tertinggal di Nabawi.

" Untuk petugas laki-laki saat ini belum ada penunjukan khusus untuk itu," katanya.

Abdullah mengimbau, jemaah haji Indonesia yang barangnya tertinggal di Nabawi, bisa langsung melapor ke petugas terdekat. Nantinya, laporan tersebut akan diteruskan ke petugas di sektor khusus Nabawi yang ada di pintu pagar 333.

“ Sektor khusus Nabawi itulah nantinya yang akan koordinasi dengan pihak keamanan Masjid Nabawi,” tutupnya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jadwal Lengkap Perjalanan Haji 1445 H, Kloter Pertama Berangkat 12 Mei 2024

Jadwal Lengkap Perjalanan Haji 1445 H, Kloter Pertama Berangkat 12 Mei 2024

Jadwal Perjalanan Haji 2024, Kloter Pertama Berangkat 12 Mei 2024

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.