1.400 Unit Bus Antarkan Jemaah Haji dari Madinah ke Mekah

Reporter : Maulana Kautsar
25 Juli 2018 11:20
Setiap bus dipasangi GPS agar mudah terlacak

Dream - Jemaah haji di Madinah mulai diberangkatkan ke Mekah pada Kamis besok, 26 Juli 2018. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sudah menyiapkan 1.400 unit bus untuk mengantarkan jemaah haji.

Kabid Transportasi PPIH Arab Saudi, Subhan Cholid, mengatakan ada 168 armada yang akan mengangkut para jemaah per harinya.

" Pada hari pertama itu, kita akan memberangkatkan jemaah dari Madinah sebanyak 18 kloter," ujar Subhan, di Kilometer 9, Madinah, Selasa 24 Juli 2018.

 Bus Haji 2018

Subhan mengatakan kesiapan transportasi untuk pemberangkatan jemaah haji sudah mencapai 95 persen. Lima persen sisanya ialah kesiapan jemaah untuk berangkat ke Mekah.

Sementara soal keamanan, Subhan sudah berkoordinasi dengan organda Arab Saudi. " Hari ini kita cek dan Alhamdulillah semunya sudah siap," ujar dia.

Untuk transportasi haji dari Madinah ke Mekah, tahun ini PPIH Arab Saudi mengontrak tujuh syarikah. Sebagai bentuk pengawasan, syarikah memasang Global Position System (GPS) pada setiap bus.

 Pemantauan posisi bus haji dari Mekah

Direktur Syarikah Cabang Madinah, Ishom Syirah, mengatakan telah menggunakan pelacak GPS sejak dua tahun terakhir. " Jadi bisa terpantau," ujar Ishom.

Kasi Transportasi Daker Madinah, Sri Darfatihati, mengatakan PPIH Arab Saudi diberi izin untuk mengakses perjalanan bus tersebut. " Pengendalian GPS ada di Mekah," ujar dia.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci.

 

Beri Komentar